RANCANGAN SISTEM LAYANAN PENGAMBILAN OBAT JADI DAN OBAT RACIK PADA PASIEN RAWAT JALAN JAMINAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM PERMATA CIBUBUR

Nurrahma, Syifa (2019) RANCANGAN SISTEM LAYANAN PENGAMBILAN OBAT JADI DAN OBAT RACIK PADA PASIEN RAWAT JALAN JAMINAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM PERMATA CIBUBUR. Skripsi thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (422kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Rumah Sakit Umum Permata Cibubur merupakan rumah sakit pertama di Cibubur yang sebelumnya merupakan rumah sakit khusus bunda dan anak yang berkembang menjadi rumah sakit umum pada awal tahun 2019. Instalasi Farmasi merupakan salah satu pelayanan yang paling dibutuhkan oleh pasien Rawat Jalan maupun pasien Rawat Inap. Namun sebelum dan setelah perubahan menjadi rumah sakit umum, rumah sakit kerap menerima banyak keluhan dengan rata-rata paling banyak mengenai pelayanan di Instalasi Farmasi. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner kepada responden dan dilakukan analisis importance-performance, dihasilkan 3 prioritas masalah yang saat ini dimiliki oleh Instalasi Farmasi, yaitu masalah waktu tunggu pembuatan obat jadi dan obat racik yang tidak sesuai sesuai standar rumah sakit yang seharusnya proses obat jadi yaitu selama ≤15 menit dan ≤30 menit, pihak Apoteker kurang tanggap terhadap keluhan yang diterima, dan pihak Apoteker atau petugas tidak memberikan kepastian waktu tunggu pengambilan obat yang dibutuhkan. Rekomendasi sistem yang dapat digunakan untuk mengurangi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pemetaan menggunakan VSM (Value Stream Mapping). VSM merupakan alat yang diperkenalkan oleh Toyota untuk mengurangi proses yang tidak menghasilkan nilai tambah (non-value added). Pemetaan digambarkan dengan tiga keadaan untuk masing-masing proses pelayanan obat jadi dan obat racik yaitu pemetaan untuk kondisi saat ini, analisis waste atau pemborosan, dan pemetaan perencanaan dan implementasi untuk perbaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Management, Service management
Subjects: A Management > AB Management
Divisions: Program Studi Sarjana > Manajemen Bisnis Profesional
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 02 Apr 2020 08:57
Last Modified: 27 Jan 2021 05:37
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item View Item