STRATEGI PEMASARAN BRIGHT C-STORE 2015 - 2018

Kristianto, Albertus Aditya and Rifiantara, Ardya (2015) STRATEGI PEMASARAN BRIGHT C-STORE 2015 - 2018. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bright C-Store adalah minimarket di SPBU Pertamina yang merupakan salah satu produk dari PT Pertamina Retail. Di Jabodetabek, sebagai salah satu region utama tempat Bright C-Store, total terdapat 128 gerai dari total 287 gerai di seluruh Indonesia. Di Jabodetabek, baru 20% gerai yang memiliki omzet per hari yang sudah optimum. Selain itu berdasarkan wawancara, saat ini rata-rata baru terdapat 3% pelanggan SPBU Pertamina yang berbelanja di Bright C-Store. Tesis ini bertujuan untuk menyusun Strategi Pemasaran Bright C-Store tahun 2015-2018 sehingga diharapkan melalui strategi pemasaran ini dapat meningkatkan jumlah pembeli di Bright C-Store di masa mendatang. Metode penelitian yang dilakukan yaitu melalui pendekatan kualitatif, dengan data didapat melalui pengamatan lingkungan, wawancara dan kuesioner pelanggan. Sedangkan penyusunan strategi pemasaran menggunakan metode Market Based Management (Best, 2013). Metode ini melakukan penilaian terhadap Market Attractiveness Score dan Competitive Advantage Score dari Industri Minimarket SPBU dan Bright C-Store. Berdasarkan penelitian, Market Attractiveness Score yaitu 67,8 dan Competitive Advantage Score yaitu 39,7. Persilangan dari nilai tersebut berada pada kuadran II yang berada di tengah atas, sehingga strategi yang diambil adalah strategi offensive, invest to grow. Melalui pilihan strategi ini, setelah melaui analisa STP (Segmentating, Targeting, Positioning), selanjutnya disusun program-program berdasarkan Pembauran Pemasaran Ritel (Lokasi, Harga, Merchandise, Promosi, Atmosfir dalam Gerai).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing strategy, Marketing plan, Consumer behaviour
Subjects: B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 06 Apr 2020 02:00
Last Modified: 09 Oct 2020 09:44
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item