Strategi Bisnis PT. Waskita Karya Energi Periode 2019 - 2021

Ardian, Afif (2020) Strategi Bisnis PT. Waskita Karya Energi Periode 2019 - 2021. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Bab 1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
Thesis Afif Ardian 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)

Abstract

Kementrian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) menyebutkan bahwa konsumsi listrik di Indonesia saat ini masih terbilang kecil, yaitu seperempat dari indikator negara maju di dunia. Indonesia memiliki angka 956 per KiloWatt-hour (KWh) per kapita, sehingga konsumsi listrik di Indonesia hanya mencapai 23,9 persen dibandingkan dengan konsumsi listrik di negara maju sebanyak 4 ribu KWh perkapita (https://www.cnnindonesia.com). Pada tahun 2017 masih ada 2.519 desa di Indonesia yang belum teraliri listrik. Bahkan hingga tahun 2019, PLN hanya mampu membuat 504 desa teraliri listrik. Maka dari itu, Kementrian ESDM mengambil langkah tegas terhadap kinerja PLN tersebut. Pemerintah mengeluarkan peraturan yang berisikan bahwa pihak swasta dapat melakukan usaha penyediaan listrik yang terdiri dari membangkitkan, mentransmisikan, mendistribusikan, dan dijual ke konsumen dengan melalui PLN atau secara langsung. Perusahaan swasta sebagai penyedia listrik di Indonesia, saat ini baru mencapai 20% sehingga peluang perusahaan swasta untuk masuk sebagai perushaan penyedia listrik sangatlah terbuka luas. PT Waskita Karya Energi terlahir karena adanya peluang yang sangat terbuka itu. Namun tentu saja Waskita akan memiliki tantangan karena dikenal sebagai perusahaan konstruksi di Indonesia. Melihat besarnya peluang pertumbuhan kebutuhan listrik Indonesia dan tantangan baru yang sedang dan akan dihadapi, maka peneliti tertarik untuk membahas perencanaan strategi bisnis PT Waskita Karya Energi sebagai perusahaan penyedia energi listrik di Indonesia dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Metode yang akan digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan metode dari Kottler & Keller manajemen strategic.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Strategic > G Strategic
G Strategic > GC Organizational strategy
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Unnamed user with email pustaka_sistem@ppm-manajemen.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:39
Last Modified: 12 Apr 2023 03:39
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2598

Actions (login required)

View Item View Item