Kusuma, Eriosko (2020) RANCANGAN MANAJEMEN KINERJA DI YPAC JAKARTA. Masters thesis, PPM Manajemen.
Text
Cover & pengesahan.pdf Download (148kB) |
|
Text
Bab 1-3.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
|
Text
Final Tesis YPAC Jakarta_Eriesko Kusuma_EM20 pass.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk menyusun Rancangan Manajemen Kinerja di YPAC Jakarta. Rancangan manajemen kinerja ini digunakan sebagai langkah strategis dalam mengelola kinerja karyawan YPAC Jakarta yang memiliki kualitas kinerja yang belum sesuai dengan harapan organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif deskriptif, karena dalam penelitian ini mendeskripsikan keadaan yang terjadi pada saat sekarang secara sistematis dan faktual dengan tujuan untuk memaparkan serta penyelesaian dari masalah yang diteliti. Menggunakan pendekatan teori strategi bisnis dan strategi MSDM dari Miles dan Snow (1984), kemudian teori manajemen kinerja yang dikemukakan oleh Armstrong (1994) dan Aguinis (2013). Sedangkan untuk pengukuran kinerja mengunakan teori mixed model dari Spencer dan Spencer (1993). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara dengan narasumber Pengurus Yayasan, Direktur Pelaksana dan Manajer Umum. Metode lainnya yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner terhadap 72 responden untuk mendapatkan persepsi karyawan atas penerapan manajamen kinerja di YPAC Jakarta. Metode survei yang digunakan mengacu pada kuesioner yang dikembangkan oleh Weiss dan Hartle (1997) dengan melakukan modifikasi dibeberapa aspek. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat dua tahap manajemen kinerja yang harus diperbaiki yaitu pada tahap penilaian kinerja dan tindak lanjut kinerja, keduanya memiliki nilai rata – rata di bawah standar yaitu 3,12 dari 3,2. Pada tahap penilaian kinerja, aspek yang lemah yang diperoleh dari hasil survei adalah skala penilaian kurang akurat untuk menilai hasil kinerja karyawan. Hasil ini didukung dari pertanyaan terbuka, di mana karyawan menyatakan sasaran kinerja masih bersifat umum tidak sesuai dengan tanggung jawab masing – masing karyawan. Pada tahap tindak lanjut kinerja, aspek yang lemah yang diperoleh dari hasil survei adalah karyawan menyatakan bahwa pemberian gaji dirasa kurang adil bila dibandingkan dengan perolehan gaji karyawan lain yang memiliki pekerjaan sama. Hasil ini didukung juga dari hasil pertanyaan terbuka, di mana karyawan menyatakan belum terdapat tindak lanjut dari penilaian kinerja yang dilakukan, seperti perbedaan imbal jasa yang diterima. Namun demikian hasil dari tahap perencanaan dan pelaksanaan kinerja sebetulnya masih ada aspek yang dirasa kurang. Berdasarkan permasalahan penerapan manajamen kinerja, maka disusunlah rancangan untuk perbaikannya berikut implementasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A Management > AH Performance management |
Divisions: | Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif |
Depositing User: | Unnamed user with email pustaka_sistem@ppm-manajemen.ac.id |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 03:48 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 03:48 |
URI: | http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2599 |
Actions (login required)
View Item |