Strategi Pemasaran Jasa Transportasi Kargo Udara PT. MY Indo Airlines tahun 2021 - 2023

Dezaka, Muhammad (2020) Strategi Pemasaran Jasa Transportasi Kargo Udara PT. MY Indo Airlines tahun 2021 - 2023. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover & Pengesahan.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Bab 1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
TESIS M.DEZAKA EM16 pass.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT. MY Indo Airlines adalah perusahaan maskapai penerbangan kargo yang menggunakan pesawat berjenis Boeing 737 Freighter khusus hanya untuk mengangkut kargo, memiliki 5 armada yang tersebar di berbagai daerah Indonesia dengan kapasitas angkut kargo sebesar 12.000 kg – 15.000 kg dan dapat mengangkut berbagai jenis kargo mulai dari kargo umum sampai kargo spesial seperti bahan peledak, bahan bakar, mesih dan binatang hidup. PT. MY Indo Airlines melayani penerbangan dengan rute reguler dan charter flight, CGK-SIN-CGK dan CGK-BPN-CGK adalah rute reguler yang dimiliki PT. MY Indo saat ini namun kedua rute tersebut mengalami penurunan revenue pada tahun 2018 yang cukup signifikan, hal ini disebabkan kurangnya strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis situasi perusahaan saat ini, mengetahui bauran pemasaran serta STP perusahaan serta menentukan strategi pemasaran apa yang sebaiknya dilakukan oleh PT. MY Indo Airlines untuk tahun 2021 – 2023 sehingga dapat meningkatkan revenue yang diperoleh. Penelitian dilakukan di Jakarta dengan metode penelitian deskriptif yang lebih banyak bersifat uraian dari hasil wawancara, participant observasion dan studi dokumen. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka strategi pemasaran yang sebaiknya dilakukan PT. MY Indo Airlines adalah invest to grow yaitu menginvstasikan kegiatan pemasaran serta penjualan untuk meningkatkan posisi produk pada area pasar yang ditargetkan dengan cara menambah rute regular ke berbagai kota di Indonesia serta mancanegara (ASEAN), menambah armada pesawat serta membuat kantor perwakilan di masing-masing kota yang menjadi rute regular baru agar dapat memberi kemudahan bagi customer dalam melakukan proses pengiriman barang dan juga dapat melakukan proses promosi secara merata. Dari hasil penelitian dapat disarankan, PT. MY Indo Airlines harus mempertahankan dan meningkatkan pelayanan yang sudah ada. Saat penambahan armada pesawat dan rute-rute baru sudah dilaksanakan, maka harus diiringi pula dengan penambahan engineering dan pilot agar dapat mengakomodir segala bentuk kegiatan operasi dan teknisi. Dalam segi pemasaran, ada baiknya seluruh divisi dapat membantu sehingga dapat secara bersama-sama meningkatkan promosi serta penjualan perusahaan agar memperoleh revenue yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Unnamed user with email pustaka_sistem@ppm-manajemen.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:12
Last Modified: 12 Apr 2023 04:12
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2603

Actions (login required)

View Item View Item