STRATEGI PEMASARAN SURABAYA NORTH QUAY TAHUN 2021 - 2023

Najah, Siti Sofiyatun (2020) STRATEGI PEMASARAN SURABAYA NORTH QUAY TAHUN 2021 - 2023. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover & Pengesahan.pdf

Download (501kB)
[img] Text
Bab 1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Tesis SNQ - Siti Sofiyatun Najah mme 65 B (CD) pass.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Surabaya North Quay (SNQ) merupakan salah satu unit bisnis yang dikelola oleh PT Pelindo Properti Indonesia dan mulai beroperasi sejak tahun 2016. Bisnis utama yang dijalankan SNQ yaitu sebagai food court. Produk dan jasa yang ditawarkan di SNQ antara lain makanan dan minuman yang ada di food court, Port Tour Education, dan Berlayar Tepi Laut. Pada tahun 2019, pendapatan SNQ mulai mengalami penurunan seiring dengan menurunnya jumlah konsumen yang datang. Untuk meningkatkan pendapatan SNQ perlu disusun strategi pemasaran terintegrasi dengan cara melakukan segmenting, targeting, dan positioning, kemudian menyusun bauran pemasaran yang terdiri dari 7 elemen antara lain product, price, place/distribution channel, promotion, people, process, dan physical evidence. Formulasi strategi pemasaran didapatkan melalui analisis yang berfokus pada elemen company, context, competitors, dan customers (4C’s). Keempat elemen tersebut dianalisis untuk menghasilkan brand image decision, points-of-parity (POD) dan points-of-differece (POD), serta menentukan marketing objectives perusahaan yang akan digunakan untuk menyusun formulasi strategi pemasaran yang baru. Analisis company dilakukan dengan mengidentifikasi competitive advantages, company strategy, existing marketing strategy, dan brand image yang diinginkan, sehingga ditemukan bahwa PT PPI telah berhasil mengomunikasikan image SNQ sebagai satu-satunya tempat wisata yang berciri khas pelabuhan di Surabaya, akan tetapi, belum memiliki target pasar dan bauran pemasaran yang terancang dengan baik. Analisis context dilakukan menggunakan PESTEL analysis dan Porter’s Five Forces sehingga ditemukan bahwa industri food court merupakan industri yang menarik, tetapi persaingan dalam industri ini sangat ketat. Analisis competitors dilakukan dengan mengidentifikasi existing marketing strategy dan existing brand image kompetitor. Hasil analisis ini yaitu para competitor memiliki keunikan yang menjadi ciri khas, serta memiliki targeting dan positioning yang jelas sehingga dapat menyusun bauran pemasaran yang lebih tepat. Sementara itu, analisis customers dilakukan menggunakan CDMP analysis, market size and growth, serta existing brand image SNQ menurut konsumen. Pada analisis customer ditemukan bahwa ukuran dan pertumbuhan pasar di industri food court memiliki potensi yang sangat besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Unnamed user with email pustaka_sistem@ppm-manajemen.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:20
Last Modified: 12 Apr 2023 04:20
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2605

Actions (login required)

View Item View Item