RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI STRATEGI PENYEMPURNAAN SISTEM MANAJEMEN KINERJA PT ANGKASA PURA II (PERSERO)

Setiadi, Ajar (2020) RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI STRATEGI PENYEMPURNAAN SISTEM MANAJEMEN KINERJA PT ANGKASA PURA II (PERSERO). Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover & Pengesahan.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Bab 1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text
Full TESIS AJAR SETIADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi karyawan terhadap Sistem Manajemen Kinerja yang telah diterapkan di PT Angkasa Pura II (Persero) atau disebut PT AP II guna tercapainya visi dan misi Perusahaan. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian terapan (applied research) dengan metode pengumpulan data menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner yang telah disesuaikan berdasarkan model kuesioner Weiss & Hartle sementara pendekatan kualitatif menggunakan metode wawancara mendalam menggunakan model reality check Aguinis. Hasil penelitian terhadap 4190 responden mengungkapkan bahwa identifikasi penerapan sistem manajemen kinerja saat ini di PT AP II dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa skor keseluruhan siklus manajemen kinerja sebesar 3,23 yang menunjukan kategori Baik. Namun apabila skor keseluruhan siklus tersebut di pecah berdasarkan masing-masing tahapan, maka ditemukan bahwa sebanyak 43,94% karyawan menyatakan siklus sudah baik sementara 56,06% menyatakan perlu dilakukan perbaikan. Mengacu pada Veitzal (2005) bahwa kondisi dikatakan telah memenuhi nilai Baik apabila mencapai 80%. Dapat disimpulkan bahwa siklus manajemen kinerja di PT AP II masih memerlukan pernbaikan karena karyawan yang menyatakan Baik belum mencapai 80%. Penyempurnaan sistem manajemen kinerja dilakukan melalui beberapa program kerja berupa internalisasi sistem manajemen kinerja, perencanaan berbasis Management by Objective (MBO), optimalisasi pelaksanaan dan pendokumentasian CMC, penilaian kinerja berbasis Management by Objective (MBO), sistem pemberian penghargaan berbasis Management budaya Meritocratic dengan tujuan tercapainya skor implementasi seluruh siklus sistem manajemen kinerja sesuai kebijakan Perusahaan minimal 3,7 pada tahun 2021, dan tersusun serta terlaksananya sistem manajemen kinerja yang mampu mendukung target skor implementasi seluruh siklus sistem manajemen kinerja tahun 2021.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A Management > AB Management
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Unnamed user with email pustaka_sistem@ppm-manajemen.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:22
Last Modified: 12 Apr 2023 07:22
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2617

Actions (login required)

View Item View Item