RANCANGAN STRATEGI PENGEMBANGAN TENAGA PENDIDIK SMK BARANANGSIANG PERIODE 2023 - 2026

Wahyuni, Fransiska Sri and Budiyanto, Rudi (2023) RANCANGAN STRATEGI PENGEMBANGAN TENAGA PENDIDIK SMK BARANANGSIANG PERIODE 2023 - 2026. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (98kB)
[img] Text
2. Pengesahan.pdf

Download (79kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (146kB)
[img] Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (96kB)
[img] Text
6. BAB 1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
7. BAB 4-7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (111kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
10. Tesis Fransiska Sri Wahyuni - Rudi Budiyanto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tuntutan revolusi industri keempat adalah mesin dan manusia bekerja sama untuk mengembangkan solusi, memecahkan masalah, dan menemukan inovasi baru. Revolusi ini juga berdampak pada dunia pendidikan, khususnya pada proses belajar dan mengajar. Pelayanan yang berkualitas kepada peserta didik merupakan hal yang penting dilakukan untuk memposisikan diri sebagai salah satu sekolah bermutu, berkarakter dan kompetitif. Peserta didik SMK Baranangsiang dari tahun ke tahun mengalami penurunan kira-kira 40 %. SMK juga mengalami berkurangnya serapan lulusan dari sekolah ke perusahaan. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya skor Praktik Kerja Lapangan (PKL, skor 60 (kurang baik) dimana banyak siswa mendapat komplain dari beberapa perusahaan. Pengembangan dan pelatihan para pendidik saat ini dilakukan karena undangan dari dinas tetapi belum terencana dan terprogram. Penerapan kurikulum merdeka juga menjadi tantangan bagi para pendidik untuk menjadi fasilitator. Penelitian ini dibuat untuk mengidentifikasi arah bisnis sekolah, arahan pengembangan tenaga pendidik, penerapan pengembangan tenaga pendidik dan menyusun rancangan strategi pengembangan khususnya untuk tenaga pendidik di SMK Baranangsiang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Narasumber dari penelitian ini adalah kepala pengawas, ketua yayasan, kepala sekolah dan ketua kompetensi keahlian di SMK Baranangsiang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara dan studi dokumen internal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat 4 dari 11 karakteristik strategi pengembangan menurut Garavan sudah berjalan sesuai dengan arahan tingkat kematangan dan terdapat 7 dari 11 karakteristik yang masih memiliki kesenjangan terhadap arahan tingkat kematangan strategi pengembangan. Ketujuh karakteristik tersebut terkait budaya belajar, orientasi fungsi SDM, integrasi pengembangan SDM dengan visi, misi, dan tujuan organisasi, rencana dan kebijakan SDM, komitmen dan keterlibatan manajer lini, peran pelatih diperluas dan pemahaman budaya. Rancangan strategi pengembangan tenaga pendidik untuk mengatasi kesenjangan yang ada, antara lain: menyusun bentuk sharing knowledge dan kamus kompetensi berdasarkan jenjang jabatan tenaga pendidik di sekolah, melakukan sosialisasi terhadap nilai inti dan strategi organisasi serta membentuk rancangan pelatihan dan pengembangan di SMK Baranangsiang. Kata Kunci: Strategi pengembangan sumber daya manusia, Tenaga pendidik, SMK

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Strategic > G Strategic
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Unnamed user with email pustaka_sistem@ppm-manajemen.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:59
Last Modified: 24 Oct 2023 02:59
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2881

Actions (login required)

View Item View Item