ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAA SEKTOR PROPERTI, REAL ESTATE DAN KONSTRUKSI BANGUNAN

Simanjutak, Edu Marupa (2019) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAA SEKTOR PROPERTI, REAL ESTATE DAN KONSTRUKSI BANGUNAN. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan utama perusahaan yang telah go public adalah meningkatkan kemakmuran pemilik atau para pemegang saham melalui peningkatan nilai perusahaan. Nilai perusahaan sangat penting karena mencerminkan kinerja perusahaan yang dapat mempengaruhi persepsi investor terhadap perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan sektor properti, real estate dan konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, serta untuk mengetahui faktor yang paling mempengaruhi nilai perusahaan yang diproksikan dengan rasio Tobin’s Q. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan (size), pertumbuhan perusahaan (growth), struktur modal (DER), profitabilitas (ROE), total asset turnover (TATO), rasio likuiditas (rasio lancar) dan tingkat suku bunga (interest rate). Jenis penelitian ini adalah model statistik deskriptif, dengan jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yaitu data sekunder. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor properti, real estate dan konstruksi bangunan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013-2017 sebanyak 64 perusahaan. Teknik penentuan sampel dengan teknik purposive sampling, dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan maka jumlah sampel adalah sebanyak 204 sampel dari 51 perusahaan yang masuk kriteria. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS 22 dan Microsoft Excel 2016. Hasil analisis penelitian secara bersama-sama atau simultan menunjukkan bahwa variabel size, growth, DER, ROE, TATO, current ratio dan interest rate berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dengan koefisien determinasi atas seluruh variabel faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan hanya sebesar 25,7%. Secara parsial variabel size, growth, DER dan ROE tidak memiliki pengaruh, sedangkan TATO, current ratio dan interest rate memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Faktor yang paling berpengaruh terhadap nilai perusahaan adalah variabel TATO yang memiliki pengaruh positif dan signifikan dan variabel positif current ratio berpengaruh signifikan namun memiliki arah negatif terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Finance, Valuation
Subjects: D Finance > D Finance
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 15 Apr 2020 08:52
Last Modified: 06 Nov 2020 02:30
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item View Item