Strategi Parenting PT PLN Indonesia Power Untuk Penciptaan Nilai Tambah (Value Creation) Dalam Menghadapi Transisi Dari Subsidiary Menjadi Subholding Tahun 2024-2026

Sedana, I Wayan Arimbawa Yoga (2024) Strategi Parenting PT PLN Indonesia Power Untuk Penciptaan Nilai Tambah (Value Creation) Dalam Menghadapi Transisi Dari Subsidiary Menjadi Subholding Tahun 2024-2026. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover Tesis.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Tesis.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Bebas Royalti.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Abstak Tesis.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Daftar Isi Tesis.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT PLN (Persero) melaksanakan aksi korporasi yaitu pembentukan Holding Subholding yaitu transformasi PT PLN Indonesia Power menjadi Subholding yang berfokus pada pembangkitan tenaga listrik yang aset nya menjadi bertambah dari 10 GW menjadi 20 GW. Tranformasi bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan aset pembangkit yang tadinya tersebar menjadi terpusat dan menghasilan Value Creation berupa penghematan anggaran bahan bakar atau effisiensi energi dan optimasi biaya. Target Value Creation yang ditargetkan Rp 112 miliar semester 1 2023 dari tidak tercapai dan hal ini perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh karena salah satu indikator keberhasilan Holding Subholding adalah pencapaian Value Creation pada Strategic Business Unit (SBU) di mana sampai tahun 2026 ditarget sampai Rp 424 miliar. Faktor Faktor tidak berhasilnya pencapai Value Creation akan dianalisis secara menggunakan Value Chain Analysis, BCG (Boston Consulting Group) Parenting Architypes dan Analisis Pareto Gap pencapaian Value Creation. Hasil Analisis akan disintesakan dengan konsep parenting antara Holding Company (HQ) dengan Strategic Bisnis Unit (SBU) sehingga dihasilkan Parenting Strategy sebagai panduan dalam mengelola SBU yang dilaksanakan oleh HQ. Parenting Strategy ini yang mengekstrak Competitive Advantage HQ untuk mengekstrak Value Creation setiap masing masing SBU. Parenting Strategy yang dihasilkan berdasarkan Parenting Capabilities dan Parenting Opportunitines adalah Parenting Strategy Hands-On Manager yang mampu mengekstrasi value dari SBU untuk memberikan Value Creation berupaya penurunan biaya bahan bakar dengan mengoptimalkan kemampuan korporat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Strategic > G Strategic
G Strategic > GA Organizational development
G Strategic > GC Organizational strategy
Divisions: Program Studi Magister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Agus LIM Salim
Date Deposited: 14 Aug 2024 06:08
Last Modified: 14 Aug 2024 06:08
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/3105

Actions (login required)

View Item View Item