STRATEGI PEMASARAN BAN TIPE TEC DI PT BSTI PADA TAHUN 2018 - 2020

Juweni, Ahmad (2017) STRATEGI PEMASARAN BAN TIPE TEC DI PT BSTI PADA TAHUN 2018 - 2020. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (0B)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil survey oleh pihak ketiga dengan menghitung jumlah ban masing-masing merek yang terpasang pada mobil, ditemukan jumlah ban BS yang terpasang (fitment share) tahun 2012: 46% turun menjadi 36% di tahun 2016. Segmen LCGC (Low Cost Green Car) yang baru diluncurkan pada tahun 2013 telah mencapai porsi 17% dari total kebutuhan ban. Namun hingga akhir tahun 2015, PT BSTI tidak mempunyai produk khusus di segmen LCGC. Maka, pada tahun 2016 awal, PT BSTI meluncurkan produk khusus segmen LCGC dengan nama TEC untuk meningkatkan fitment share. Setelah acara peluncuran hampir tidak ada lagi kegiatan pemasaran khusus untuk produk ini. Target dari Manajemen PT BSTI untuk meningkatkan fitment share khususnya melalui segmen LCGC melalui penjualan produk TEC yaitu 300.000 unit di tahun 2017 dan seterusnya sampai 400.000 unit di tahun 2020 dan fitment share 40%. Mengingat produk TEC yang kurang lebih baru satu tahun diluncurkan serta tersedianya data-data yang saat ini belum dimanfaatkan untuk penyusunan strategi pemasaran. Maka penting bagi PT BSTI untuk membuat strategi pemasaran yang efektif yang didasarkan pada data-data. Penelitian dilakukan dengan metodi studi dokumen serta focus group discussion dengan tim Retail Sales PT BSTI. Data-data yang digunakan antara lain fitment share report, LCGC user survey report, 16MTP presentation material, TEC launching proposal dan beberapa dari internet. Berdasarkan analisis data-data tersebut ditemukan bahwa industri ban di Indonesia menarik khususnya di segmen LCGC. Namun ada ancaman dari pesaing yaitu DU, GT, MSA yang telah masuk ke segmen LCGC. Key success factors pada segmen LCGC antara lain produk yang berkualitas, harga terjangkau, distribusi melalui modern chain store, promosi melalui mekanik, ban bawaan, media online dan word of mouth. Saat in PT BSTI mempunyai kekuatan yaitu pada produk yang berkualitas dan brand image yang positif. Beberapa kekurangan yaitu harga, jumlah authorized outlet, dan terbatasnya promosi. Strategi pemasaran yang tepat adalah produk TEC yaitu penekanan pada performa ban TEC, harga disesuaikan mendekati Rp. 500.000, distribusi fokus pada authorized outlet. Sedangkan promosi penjualan untuk toko dan end user seperti diskon tambahan dan voucher. Personall selling dengan melakukan kunjungan kepada toko-toko ban, menyebarkan leaflet. Serta publisitas melalui media online dan cetak. Dan iklan dengan video-video test drive di toko model dan website BS.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Marketing strategy
Subjects: B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 29 Apr 2020 00:31
Last Modified: 03 Dec 2020 07:36
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/440

Actions (login required)

View Item View Item