Rustian, Handi (2019) STRATEGI PEMASARAN PRODUK PUPUK NPK JERANTI PADA PT PUPUK KUJANG TAHUN 2019-2021. Masters thesis, PPM Manajemen.
Text
Cover.pdf Download (162kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (422kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (291kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (364kB) |
|
Text
Tesis Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Persaingan pada dunia usaha pupuk NPK semakin berkembang, sehingga setiap produsen diharuskan mengembangkan dan menghasilkan produk pupuk NPK yang diperlukan oleh petani dan pekebun serta yang dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan perekonomian nasional. Prospek bisnis pada industri produk pupuk NPK masih terbuka lebar khususnya pada sektor non subsidi. Pasar dalam negeri untuk sektor non subsidi masih cukup tinggi dengan luas area perkebunan yang besar dan masih luasnya pasar hortikultura serta adanya anjuran Pemerintah terkait pemupukan berimbang yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing tanaman. PT Pupuk Kujang merupakan salah satu anak usaha dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Pupuk Indonesia (Persero). PT Pupuk Kujang didirikan pada tanggal 9 Juni 1975 merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pupuk nasional. Salah satu produk yang diproduksi maupun dipasarkan adalah produk pupuk NPK. Potensi pasar NPK khususnya sektor non subsidi dan sektor retail masih tinggi. Dengan potensi yang tinggi, PT Pupuk Kujang meluncurkan beberapa produk ritel salah satunya adalah pupuk NPK Jeranti. Pupuk NPK Jeranti merupakan pupuk NPK yg dibuat dengan formula lengkap dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi tanaman. Sejak diluncurkan, penjualan produk pupuk NPK Jeranti belum pernah mencapai target yang telah ditetapkan. Diperlukan suatu strategi pemasaran yang efektif dan efisien dalam melakukan penjualan produk pupuk NPK Jeranti dalam mencapai target yang telah ditetapkan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan proses pengolahan data yang didukung oleh data kuantitatif. Tahap analisis data yang dilakukan dalam menghasilkan strategi marketing produk pupuk NPK Jeranti adalah melakukan analisis eksternal yaitu analisis makro, analisis industri dan analisis pelanggan. Selanjutnya melakukan analisis internal atas strategi pemasaran perusahaan saat ini, membuat TOWS Matrix guna menghasilkan serangkaian alternatif alat analisis strategis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing, Marketing strategy |
Subjects: | B Marketing > BD Marketing strategy |
Divisions: | Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif |
Depositing User: | Slamet SPJ Pujiana |
Date Deposited: | 04 May 2020 09:18 |
Last Modified: | 14 Dec 2020 02:00 |
URI: | http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/469 |
Actions (login required)
View Item |