Sari, Linda Maya and Martanto, Yohanes Teguh Budi (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS TOURISM INVENTORY PLATFORM PT. BELINDA TECHNO TAHUN 2018 – 2021. Masters thesis, PPM Manajemen.
Text
Cover.pdf Download (295kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (618kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (355kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (213kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (973kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (213kB) |
|
Text
Tesis Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pertumbuhan pengguna internet dalam trend digital saat ini mempunyai dampak yang signifikan terhadap kemajuan di berbagai lini bisnis. Internet menjadi kebutuhan yang utama dalam mendukung berbagai aktivitas dalam pekerjaan maupun kebutuhan sosial. Hal tersebut berpengaruh terhadap perubahan perilaku konsumen menjadi lebih terbuka, praktis dan canggih. Dengan internet jarak dan waktu dianggap bukan lagi menjadi masalah. PT Belinda Techno sebagai perusahaan swasta yang bergerak di bidang IT Solution menangkap peluang bisnis tersebut. Perubahan perilaku konsumen menjadi lebih "digital" memunculkan ide bisnis baru yang diharapkan dapat menyelesaikan masalah perusahaan saat ini. Kondisi pertumbuhan perusahaan saat ini cenderung stabil dan terjadi peningkatan pada aset perusahaan, tetapi dengan kondisi tersebut perusahaan dianggap belum mencapai skala ekonominya, bahkan pada periode tahun terakhir terjadi penurunan revenue. Penurunan ini diakibatkan produk layanan berada pada kondisi yang tidak menarik lagi dan pangsa pasar relatif tetap sehingga kemungkinan kedepannya tidak akan terjadi peningkatan. Dengan memanfaatkan kapabilitas sumber daya yang dimiliki dan memperhitungkan free cash flow perusahaan pada tahun periode saat ini, perusahaan melakukan transformasi model bisnis dari bisnis berbasis proyek menjadi manage service dengan model bisnis recurring atau transaksional, dengan melakukan inovasi membangun e-commerce dalam inventory tourism Platform. Untuk pemilihan strategi bisnis yang paling tepat, maka perusahaan harus melakukan analisis-analisis pendekatan pada strategi bisnisnya, agar keputusan yang ditetapkan dapat menjadikan produk layanan unggulan, kompetitif dan menjadi sumber pendapatan baru bagi perusahan. Untuk itu dilakukan analisis dengan menggunakan bisnis model kanvas dengan memetakan model bisnis saat ini ke dalam sembilan blok, dilakukan juga analisis lingkungan eksternal dan internal yang berpengaruh terhadap pengembangan bisnis dalam bentuk bisnis model kanvas yang baru. Hasil analisis ini akan memberikan rekomendasi apakah strategi yang diambil perusahaan sudah tepat, tujuan pengambilan keputusan pengembangan bisnis tersebut tercapai dan dapat memproteksi situasi dan kondisi yang kemungkinan akan terjadi di masa yang akan datang serta dapat mengancam keberlangsungan perusahaan, sehingga perusahaan dapat tetap sustain dan growth.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategic, Business strategy, Business development |
Subjects: | B Marketing > BF Strategic marketing |
Divisions: | Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif |
Depositing User: | Slamet SPJ Pujiana |
Date Deposited: | 06 May 2020 10:16 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 01:05 |
URI: | http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/478 |
Actions (login required)
View Item |