STRATEGI PEMASARAN PADA UNIT RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT YARSI JAKARTA TAHUN 2019-2021

Tundjungsari, Vitri (2019) STRATEGI PEMASARAN PADA UNIT RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT YARSI JAKARTA TAHUN 2019-2021. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rumah Sakit YARSI adalah rumah sakit berlokasi di Jakarta Pusat yang baru saja mendapatkan izin operasional pada 1 Agustus 2018 dari DPST Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sebagai pemain baru dalam industri rumah sakit di Jakarta, maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat memenangkan pasar. Fokus penelitian ini adalah bagaiamana meningkatkan jumlah pasien pada unit rawat jalan RS YARSI. Agar dapat dirumuskan strategi pemasaran yang tepat, dilakukan analisis ekternal dan internal organisasi. Analisis eksternal dilakukan dengan analisis Politik Ekonomi Sosial Teknologi (PEST), analisis Porter’s Five Forces, dan analisis pasar; sehingga kemudian bisa diketahui Opportunities (O) dan Threats (T) industri rumah sakit. Analisis internal dilakukan terhadap strategi pemasaran yang saat ini ada dan kinerja pada unit rawat jalan RS YARSI. Berdasarkan analisis eksternal kemudian didapatkan tiga Critical Success Factors (CSF) dalam penelitian ini, yaitu: (1) High quality services, (2) Excellent patient experiences, dan (3) Information availaibility and accuracy. CSF ini digunakan untuk melakukan benchmarking dengan kompetitor sehingga bisa diketahui Strengths (S) dan Weaknesses (W) dari organisasi. Selanjutnya ditentukan Objectives RS YARSI untuk kemudian dirumuskan Segmentation-Targeting-Positioning (S-T-P). Dalam penelitian ini juga dibahas marketing mix atau bauran pemasaran 7 P layanan unit rawat jalan RS YARSI, yang terdiri dari: Product/Services, People, Price, Process, Promotion, Place, dan Physical Evidence. Selanjutnya berdasarkan bauran pemasaran dibuat rencana aksi sebagai implementasi strategi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Marketing strategy
Subjects: B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 06 May 2020 14:49
Last Modified: 16 Dec 2020 07:38
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item