RANCANGAN MODEL BISNIS MAL MALKITA PERIODE TAHUN 2020 – 2023RANCANGAN MODEL BISNIS MAL MALKITA PERIODE TAHUN 2020 – 2023

Muliana, Maria (2019) RANCANGAN MODEL BISNIS MAL MALKITA PERIODE TAHUN 2020 – 2023RANCANGAN MODEL BISNIS MAL MALKITA PERIODE TAHUN 2020 – 2023. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mal Malkita adalah tempat belanja, rekreasi, hiburan dan olah raga di Jakarta Utara. Di tengah isu pergeseran fungsi mal dari tempat belanja menjadi tempat berkumpul, Mal Malkita berusaha meningkatkan okupansi sehingga dapat menaikkan margin perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, Mal Malkita memerlukan model bisnis baru. Rancangan model bisnis disusun dengan menggunakan Kanvas Model Bisnis. Penelitian kualitatif diterapkan untuk melakukan analisis internal dan eksternal. Analisis internal dilakukan untuk mendapatkan kondisi perusahaan saat ini. Sedangkan analisis eksternal, makro dan industri, digunakan untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman beberapa tahun ke depan. Berdasarkan peluang dan ancaman, dibentuk model bisnis ideal bagi Mal Malkita. Selanjutnya dilakukan analisis kesenjangan antara model bisnis saat ini terhadap model bisnis ideal. Jika kondisi saat ini telah mencapai kondisi ideal akan menjadi kekuatan perusahaan, namun jika terdapat kesenjangan akan menjadi kelemahan perusahaan. Untuk menutup kesenjangan tersebut, dikembangan tiga prototipe model bisnis baru dengan menggunakan Strategi Blue Ocean yaitu prototipe “Unicorn Frappucino”, prototipe “Thai Tea”, dan prototipe “Milkshake Monster”. Mencermati kekuatan dan kelemahan perusahaan, tidak semua prototipe bisa digunakan. Oleh karena itu dilakukan pemilihan secara obyektif dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process untuk mendapatkan model bisnis yang tepat. Terpilih prototipe “Thai Tea” yang menawarkan proposisi nilai berupa ragam penyewa baru dipadukan dengan pengaturan tata letak outlet yang menampilkan barang-barang bermerek. Proposisi nilai ini ditawarkan kepada segmen pengunjung milenial yang berpontesi meningkatkan omset penyewa. Dalam jangka panjang, peningkatan omset penjualan akan memicu kenaikan jumlah penyewa yang berdampak pada peningkatan okupansi. Tingkat okupansi yang tinggi berdampak pada peningkatan pendapatan sewa, service charge, dan utilitas, serta menurunkan biaya operasional terutama untuk area publik. Kenaikan pendapatan disertai penurunan biaya otomatis akan meningkatkan margin perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: diperkenankan di publish tahun 2023
Uncontrolled Keywords: Strategic
Subjects: A Management > AF Strategic management
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 06 May 2020 17:57
Last Modified: 18 Dec 2020 08:05
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item