RANCANGAN STRATEGI BISNIS TELKOM DBS MEMENANGKAN MARKET ICT SEGMEN UMKM DI INDONESIA TAHUN 2020 – 2022

Fitega, Rindo (2019) RANCANGAN STRATEGI BISNIS TELKOM DBS MEMENANGKAN MARKET ICT SEGMEN UMKM DI INDONESIA TAHUN 2020 – 2022. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (376kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penerapan ICT sangat penting untuk UMKM agar bisa bertahan dan berkembang di era industry 4.0 saat ini. Serbuan teknologi digital merubah landscape bisnis di era disruptif ini di mana yang cepat akan membunuh yang lambat. Tentu perhatian pemerintah sangat besar dalam hal ini karena UMKM merupakan penggerak ekonomi penting bagi negara baik dari sisi kontribusi PDB maupun dari penyerapan tenaga kerja. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan UMKM mampu menyerap 96% tenaga kerja, serta berkontribusi 60% terhadap PDB. Penguasaan market ICT segmen UMKM sangat penting bagi Telkom DBS. Setidaknya ada 2 alasan yaitu dari sisi potensi bisnis yang sangat besar dan dari sisi strategis yaitu kontribusi Telkom sebagai BUMN untuk memajukan UMKM sebagai motor utama ekonomi Indonesia. UMKM akan memiliki pondasi bisnis yang kuat jika didukung teknologi digital dan Telkom memiliki sumber daya yang cukup lengkap untuk mendukung digitalisasi tersebut. Keberhasilan Telkom DBS memenangkan market ICT UMKM akan berdampak significant bagi bisnis. Tapi kenyataannya revenue Telkom DBS tahun 2017-2018 tumbuh negatif -16% dengan wallet share hanya 10,5%. Sementara pada periode yang sama belanja ICT UMKM tumbuh 4%. Tujuan penelitian Tesis ini untuk meningkatkan pendapatan Telkom DBS sampai dengan 6 kali lipat dengan wallet share belanja ICT UMKM di atas 50% pada tahun 2022. Metode penelitian dilakukan dengan cara kualitatif dan kuantitatif melalui studi dokumen dan studi analisis terhadap perkembangan bisnis UMKM di Indonesia dengan didukung data survey terhadap UMKM. Hasil penelitian Tesis ini menghasilkan strategi terpilih yaitu pengembangan produk dan penetrasi pasar. Dan berdasarkan strategi tersebut disusun strategic plan Telkom DBS yaitu Visi, Misi, Strategic Objectives, Business Objectives, Strategic Initiatives dan Core Values Perusahaan serta Program Kerja 3 tahun ke depan dengan tema Connectivity (2020), Expanding (2021) dan Winning (2022).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategic, Business strategy, Corporate strategy
Subjects: A Management > AF Strategic management
G Strategic > G Strategic
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 07 May 2020 17:12
Last Modified: 17 Sep 2020 03:38
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item View Item