Ardiansyah, Irfan (2019) STRATEGI BISNIS LABORATORIUM KALIBRASI PT PJB 2020-2024. Masters thesis, PPM Manajemen.
Text
Cover.pdf Download (34kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (439kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (333kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (207kB) |
|
Text
Tesis Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Industri di Indonesia tengah menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mulai berlaku sejak 1 Januari 2016. Terdapat tiga pilar dalam MEA, yaitu : metrologi, standarisasi, dan penilaian kesesuaian. Ketiga pilar tersebut memfasilitasi aliran produk agar memenuhi standar mutu sehingga bisa bebas masuk ke pasar ASEAN. Untuk proses standarisasi produk diperlukan laboratorium kalibrasi dan uji yang tersebar di Indonesia. PT PJB sebagai anak perusahaan PT PLN (persero) melalui unit pemeliharaannya yaitu UPHT dan UPHB telah berupaya mendirikan laboratorium kalibrasi untuk memenuhi persyaratan standar mutu di bidang alat ukur. Dalam tahap pertama, laboratorium kalibrasi difungsikan untuk melayani kebutuhan internal PJB untuk jasa kalibrasi alat ukur, akan tetapi melihat adanya peluang di pasar jasa kalibrasi di Indonesia maka laboratorium kalibrasi dapat menjadi profit center dengan merambah pasar layanan jasa kalibrasi di luar perusahaan. Agar Laboratorium Kalibrasi PT PJB dapat menjadi lini bisnis baru, maka disusunlah rancangan dan pengembangan bisnis laboratorium kalibrasi untuk menghasilkan sebuah value proposition sebagai profit center untuk PT PJB dalam layanan jasa kalibrasi. Perancangan dan pengembangan bisnis Laboratorium Kalibrasi PT PJB yang berkaitan dengan layanan jasa kalibrasi dilakukan menggunakan Kanvas Model Bisnis. Melalui analisis SWOT dan Blue Ocean Strategy akan dikembangkan 2 Alternatif Kanvas Model Bisnis. Kanvas Model Bisnis terpilih akan dibuatkan rencana strategis agar model bisnis tersebut dapat diwujudkan sehingga menjadi Strategi Bisnis yang dapat diterapkan pada periode 2020-2024.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategic, Business strategy, Business development |
Subjects: | G Strategic > G Strategic |
Divisions: | Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif |
Depositing User: | Slamet SPJ Pujiana |
Date Deposited: | 11 May 2020 01:52 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 07:39 |
URI: | http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/535 |
Actions (login required)
View Item |