Widianingsih, Yuli (2019) PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENGEMBANGAN USAHA RAMEN DAN SUSHI EXPRESS 2020 – 2022 DENGAN PENDEKATAN ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (AHP). Masters thesis, PPM Manajemen.
Text
Cover.pdf Download (118kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (346kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (142kB) |
|
Text
BAB 1-3.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (140kB) |
|
Text
Tesis Lengkap.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pemilihan lokasi usaha dan cara ekspansi usaha adalah hal yang krusial dalam sebuah bisnis karena dapat menentukan sukses atau tidaknya sebuah usaha. Atas pertimbangan hal tersebut, maka proses pengambilan keputusan harus dilakukan secara hati – hati dan penuh pertimbangan. Penelitian ini bertujuan untuk meranking daftar prioritas kota target ekspansi usaha dan memilih cara ekspansi usaha bagi Ramen dan Sushi Express (RSE) dengan menggunakan pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP). Dalam Analytical Hierarchy Process (AHP) disebutkan bahwa tahapan yang dilakukan adalah menentukan goal yang ingin dicapai, menentukan kriteria keputusan, menentukan alternatif keputusan serta memberikan bobot kriteria dan nilai alternatif. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP) diketahui bahwa daftar kriteria untuk memilih lokasi usaha secara berurutan adalah jumlah penduduk, tingkat pendapatan penduduk, gaya hidup, jumlah pusat perbelanjaan, kompetisi, biaya sewa, biaya bahan baku dan biaya upah. Setelah membandingkan bobot kriteria dengan nilai dari alternatif didapatkan hasil bahwa daftar prioritas kota target ekspansi usaha bagi Ramen dan Sushi Express (RSE) secara berurutan adalah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Balikpapan, Bogor dan Medan. Berdasarkan hasil analisis dengan pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP) juga dapat diketahui bahwa daftar kriteria untuk memilih cara ekspansi usaha bagi Ramen dan Sushi Express (RSE) secara berurutan adalah revenue, perkembangan usaha, kontrol, risiko dan biaya. Setelah membandingkan bobot kriteria dengan nilai alternatif didapatkan hasil bahwa cara ekspansi dengan sistem franchise memiliki nilai akhir yang lebih tinggi dibandingkan dengan cara ekspansi usaha dengan owned business.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Management, Decision making, Business development, Business strategy, Strategic management |
Subjects: | A Management > AB Management A Management > AF Strategic management A Management > AI Decision making |
Divisions: | Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda |
Depositing User: | Slamet SPJ Pujiana |
Date Deposited: | 22 Jul 2020 08:51 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 02:28 |
URI: | http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/944 |
Actions (login required)
View Item |