ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI SIKAP KONSUMEN DALAM MENGONSUMSI KOPI

Diandra, Nabilah (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI SIKAP KONSUMEN DALAM MENGONSUMSI KOPI. Skripsi thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB 1-3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi sikap konsumen terhadap konsumsi kopi lokal dan mengetahui apakah masyarakat DKI Jakarta mempunyai preferensi merek kopi lokal dibandingkan kopi nonlokal. Penelitian dilakukan dua kali yaitu diawali dengan kualitatif eksploratori dan diakhiri dengan kuantitatif kausal. Pada penelitian kuantitatif, penelitian menggunakan dua model konsep yang dibedakan secara model dan teknik analisis data, yaitu Structural Equation Model (SEM) untuk first model dan regresi linear berganda untuk second model. Sampel dalam penelitian adalah masyarakat yang beraktivitas atau berdomisili di DKI Jakarta dimulai dengan usia mulai 20 tahun. Pengumpulan data menggunakan kuesioner disebarkan secara cetak dan elektronik melalui Google Form, dan jumlah responden yang mengembalikan sebanyak 241 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif frekuensi, uji korelasi, dan Structural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian konsep first model menunjukkan bahwa grup referensi dan keluarga mempunyai hubungan signifikan terhadap komponen sikap affective dan cognitive, yang kemudian memengaruhi behavioral. Di antara kedua komponen tersebut, cognitive mempunyai pengaruh lebih besar. Produk dan aktivitas pemasaran diteliti tidak mempunyai hubungan signifikan terhadap sikap dan behavioral. Hasil dari penelitian konsep second model menunjukkan bahwa keempat faktor yang ditelit dapat menjelaskan ketiga komponen sikap dengan persentase yang berbeda, diurutkan dari terbesar yaitu affective, behavioural, dan cognitive. Faktor yang berpengaruh signifikan terhadap perasaan (affective) seseorang dalam kasus kopi adalah keluarga dan produk. Faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan (cognitive) seseorang dalam kasus kopi adalah keluarga dan produk. Faktor yang berpengaruh signifikan terhadap intensi (behavioural) seseorang dalam kasus kopi adalah grup referensi dan keluarga. Penelitian juga menghasilkan preferensi merek kopi masyarakat DKI Jakarta adalah merek lokal untuk kopi olah, dan merek nonlokal untuk kedai kopi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Consumer behaviour, Marketing management
Subjects: B Marketing > BP Consumer behaviour
Divisions: Program Studi Sarjana > Manajemen Bisnis
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 01 Apr 2020 03:27
Last Modified: 05 Aug 2022 03:02
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item