USULAN RANCANGAN SISTEM PENGELOLAAN PIUTANG PT. MAP AKTIF ADIPERKASA, TBK

Gabella, Hernadriana Giovanny (2019) USULAN RANCANGAN SISTEM PENGELOLAAN PIUTANG PT. MAP AKTIF ADIPERKASA, TBK. Skripsi thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB 1-3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaan manajemen piutang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap perusahaan agar perusahaan dapat meraih modal yang efektif. Hal yang dapat dilakukan oleh suatu perusahaan dalam mengelola piutangnya dengan cara membuat kebijakan kredit yang berisikan syarat kredit, analisis kredit dan cara dalam melakukan penagihan kredit tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana sistem pengelolaan piutang yang sudah dilakukan oleh PT. MAP Aktif Adiperkasa, Tbk dan memberikan beberapa usulan rencana pengelolaan piutang. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan beberapa staff untuk mengetahui bagaimana sistem pengelolaan piutang yang sudah dilakukan oleh PT. MAP Aktif Adiperkasa, Tbk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. MAP Aktif Adiperkasa, Tbk sudah melakukan sistem pengelolaan piutang dengan efektif. Dapat dilihat dari perusahaan yang sudah mempunyai kebijakan kredit, yaitu syarat penjualan kredit, analisis kredit, penagihan piutang. Penagihan piutang pada PT. MAP Aktif Adiperkasa, Tbk menggunakan aging schedule untuk menentukan pelanggan mana yang membutuhkan perlakuan khusus dalam penagihan. Selama ini perusahaan dalam memberikan kredit kepada pelanggan yaitu melihat track record pelanggan tersebut selama bekerjasama. Sebaiknya perusahaan melakukan analisis five C’s of credit. Five C’s of credit yang terdiri dari character, capacity, capital, collateral, condition. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan perusahaan dari kerugian yang didapatkan jika ada pelanggan yang tidak membayarkan kewajibannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Finance, Accounting
Subjects: D Finance > D Finance
Divisions: Program Studi Sarjana > Manajemen Bisnis
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 02 Apr 2020 02:03
Last Modified: 10 Aug 2022 08:21
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item