Pengaruh Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Jasa Antar Makanan Di Masa Pandemi COVID-19 Dengan Minat beli Sebagai Mediator

Susandi, Ferdhy Alfathan (2021) Pengaruh Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Jasa Antar Makanan Di Masa Pandemi COVID-19 Dengan Minat beli Sebagai Mediator. Skripsi thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
BAB 1 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perubahan pola perilaku konsumen di tengah pandemi COVID-19 membuat pembelian makanan melalui aplikasi meningkat disebabkan ada nya penetapan social distancing. Perubahan perilaku konsumen tersebut dipengaruhi faktor-faktor di dalam nya yang memengaruhi keputusan pembelian, yang secara tidak langsung juga dapat meningkatkan minat beli. Berdasarkan hal tersebut , tujuan dari penelitian ini yaitu menguji apakah faktor-faktor dari perilaku konsumen yang terdiri dari factor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan menjelaskan minat beli yang memediasi antara masing-masing faktor dari perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian jasa antar makanan di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini adalah explanatory research dan sampel ditentukan dengan cara purposive sampling dengan hasil akhir sampel yang didapat sebanyak 109 responden. Penelitian didasarkan oleh transaksi terakhir dalam pemesanan layanan jasa antar makanan serta responden yang berdomisili di Jabodetabek. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas analisis faktor dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear dengan alat bantu SPSS 26.0 dan uji mediasi menggunakan Sobel Calculator. Berdasarkan hasil dari analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa faktor-faktor pembentuk perilaku konsumen terdiri dari faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis, secara parsial, berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan juga keputusan pembelian. Minat beli, secara parsial, terdapat hasil yang juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Melalui analisis regresi berganda dan juga uji Sobel, variabel minat beli dapat berperan signifikan memediasi antara faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BP Consumer behaviour
Divisions: Program Studi Sarjana > Manajemen Bisnis
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:44
Last Modified: 02 Feb 2023 01:44
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2393

Actions (login required)

View Item View Item