PENGARUH PERSEPSI NILAI, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN, PERSEPSI KEAMANAN, EFIKASI DIRI, DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN KESETIAAN KONSUMEN PADA PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL DI INDONESIA

Pangaribuan, James Hasudungan (2020) PENGARUH PERSEPSI NILAI, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN, PERSEPSI KEAMANAN, EFIKASI DIRI, DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN KESETIAAN KONSUMEN PADA PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL DI INDONESIA. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
BAB 1 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Revolusi industri keempat, yang dikenal dengan revolusi digital, telah mengubah wajah industri finansial. Salah satu adopsi teknologi digital di industri finansial adalah hadirnya produk/layanan dompet digital. Aplikasi dompet digital saat ini sangat populer karena memiliki banyak manfaat dan keuntungan, sehingga perkembangannya pun tergolong pesat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor persepsi nilai, kemudahan penggunaan, kepercayaan, persepsi keamanan, efikasi diri, dan promosi penjualan terhadap kepuasan konsumen dan kesetiaan konsumen pada penggunaan dompet digital di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian konfirmatori. Kerangka konseptual dibuat berdasarkan hasil dari penelitian-penelitian terdahulu terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dan kesetiaan konsumen, baik pada penggunaan dompet digital, maupun pada industri lainnya. Kerangka dimaksud selanjutnya dianalisis secara empirik menggunakan Structural Equation Modeling berbasis kovarians. Data primer yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 443 responden, yang merupakan konsumen (pengguna) dompet digital di Indonesia. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu: (i) faktor-faktor yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah persepsi nilai, kemudahan penggunaan, efikasi diri, dan promosi penjualan, sedangkan faktor kepercayaan dan persepsi keamanan tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen; (ii) faktor-faktor yang memiliki pengaruh terhadap kesetiaan konsumen adalah persepsi nilai, kemudahan penggunaan, kepercayaan, persepsi keamanan, promosi penjualan, dan kepuasan konsumen, sedangkan faktor efikasi diri tidak memiliki pengaruh terhadap kesetiaan konsumen; (iii) faktor kepuasan konsumen tidak dapat memediasi faktor-faktor lainnya terhadap kesetiaan konsumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BP Consumer behaviour
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:37
Last Modified: 10 Mar 2023 03:37
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2550

Actions (login required)

View Item View Item