RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN ACARA TV “LAPTOP SI UNYIL” TRANS7 PERIODE 2020-2022

Arkandito, Gregorius Fendi (2020) RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN ACARA TV “LAPTOP SI UNYIL” TRANS7 PERIODE 2020-2022. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
BAB 1 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan pertelevisian nasional Indonesia saat ini sangatlah pesat. Hal itu ditandai dengan jumlah stasiun TV nasional di Indonesia yang berjumlah lima belas. Lima belas stasiun TV tersebut adalah TVRI, RCTI, GTV, MNCTV, iNews, SCTV, Indosiar, ANTV, TVOne, MetroTV, Trans7, TransTV, RTV, Kompas TV, dan Net TV. Mereka saling berkompetisi dengan menayangkan acara-acara mereka untuk memperebutkan rating dan share. Semakin besar rating dan share suatu acara, maka semakin banyak pula orang yang menonton acara tersebut. Acara “Laptop Si Unyil” adalah acara yang ditayangkan oleh Trans7 pada hari Senin sampai Jumat pukul 12:00. Agar acara “Laptop Si Unyil” dapat tetap bersaing dengan acara TV lain, perlu dirancang sebuah strategi pemasaran yang tepat. Perancangan strategi pemasaran untuk acara “Laptop Si Unyil” menggunakan metode 4C yang dikemukakan oleh John W. Mullins. Metode 4C terdiri dari empat elemen, yaitu context, customer, company, dan competitor. Elemen context dianalisis menggunakan Porter’s Five Forces, elemen customer dianalisis dengan menggunakan model CDMP (Customer Decision Making Process), dan brand image acara “Laptop Si Unyil” menurut pemirsa TV. Elemen company dianalisis dengan melihat profil pemirsa acara “Laptop Si Unyil”, strategi pemasaran yang sedang digunakan serta brand image acara “Laptop Si Unyil” yang diinginkan oleh perusahaan muncul di benak pemirsa. Elemen competitor dianalisis dengan mengidentifikasi pemirsa dari acara pesaing dan strategi pemasaran yang digunakan oleh acara TV pesaing. Acara TV pesaing dari acara “Laptop Si Unyil” adalah acara “Spongebob Squarepants”, “Upin Ipin”, “Kisah Nyata”, dan “Liputan 6 Siang”. Semakin berkembangnya industri pertelevisian nasional Indonesia mengakibatkan tingginya persaingan antar perusahaan semakin ketat. Acara “Laptop Si Unyil” harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan membuat strategi pemasaran yang efektif. Agar dapat meningkatkan performanya, maka acara “Laptop Si Unyil” membuat marketing objectives, yaitu mendorong pemirsa untuk menonton melalui FTA TV dan meningkatkan jumlah penonton kategori usia kid (5-14 Tahun). Langkah selanjutnya adalah merumuskan strategi pemasaran berupa segmenting, targeting, dan positioning dan bauran pemasarannya dari marketing objectives tersebut. Target acara “Laptop Si Unyil” berdasarkan ketegori usia berubah menjadi kid, teen, adult serta target berdasarkan waktu menonton menjadi fringe 1 dan fringe 3. Positioning acara “Laptop Si Unyil” menjadi acara TV yang mendidik dengan informasi seputar inovasi dan teknologi dengan menggunakan karakter Unyil yang bisa dicontoh oleh anak Indonesia. Rancangan strategi marketing mix dari bauran produk adalah menambah waktu tayang dalam sehari dan memperkuat watak karakter boneka Si Unyil dan kawan-kawan. Rancangan strategi untuk bauran promosi adalah komunikasi seputar Iptek di media sosial Instagram dan Facebook, membuat aplikasi smartphone dan situs web khusus acara “Laptop Si Unyil”, display ads, membuat merchandise, mengadakan lomba menyanyi atau mewarnai di mall, dan mengadakan seminar “Cerdas Menggunakan Gadget” di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Wijawiyata Manajemen
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 10 Mar 2023 07:36
Last Modified: 10 Mar 2023 07:36
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2552

Actions (login required)

View Item View Item