STRATEGI PEMASARAN HANDLING GENERAL CARGO PELABUHAN CELUKAN BAWANG TAHUN 2021-2023

Datu, Gede Prima (2020) STRATEGI PEMASARAN HANDLING GENERAL CARGO PELABUHAN CELUKAN BAWANG TAHUN 2021-2023. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
BAB 1 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jasa handling general cargo di Bali memiliki potensi yang sangat besar karena adanya potensi meningkatnya permintaan pasar akan kebutuhan bahan-bahan material bangunan maupun proyek konstruksi. Akan tetapi potensi ini belum ditangkap sepenuhnya oleh PBM Pelindo III Celukan Bawang, terbukti berdasarkan data market share menunjukkan bahwa PBM Pelindo hanya memiliki 13,20% dari keseluruhan market yang ada di Pelabuhan Celukan Bawang dan jika dibandingkan dengan arus barang handling general cargo di Bali hanya kurang dari 2%. Melihat dari sisi marketing, terdapat kebutuhan konsumen yang belum dapat dipenuhi oleh PBM Pelindo III Celukan Bawang seperti dalam produk jasa yang disediakan belum optimal, harga yang diberikan masih belum kompetitif, aktifitas promosi yang dilakukan belum efektif, serta sumber daya manusia yang dimiliki belum meiliki kinerja yang optimal dalam proses handling general cargo. Sehingga dipandang perlu untuk strategi pemasaran yang baru guna meningkatkan penjualan dan market share handling general cargo PBM Pelindo III Celukan Bawang. Melalui analisis situasi pasar yaitu melakukan analisis lingkungan pasar eksternal (market context) untuk mengetahui peluang dan acaman yang ada, analisis konsumen (consumer) untuk mengetahui needs dari konsumen serta permintaan pasar yang ada, analisis perusahaan pesaing (competitor) untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing, dan analisis perusahaan (company) untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan. Pengembangan dan pemilihan strategi akan dilakukan melalui TOWS matrix dan Ansoff matrix untuk mendapatkan strategi pemasaran yang baru sesuai dengan sasaran perusahaan yang ditetapkan. Dari analisis tersebut, maka akan tersusun implementasi strategi pemasaran baru yang dijabarkan dalam marketing mix.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 11 Mar 2023 07:48
Last Modified: 12 Apr 2023 07:32
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2559

Actions (login required)

View Item View Item