STRATEGI PEMASARAN PRODUK BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) JENIS BIODIESEL DARI PT PELINDO ENERGI LOGISTIK (PEL) DI PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA PERIODE TAHUN 2020-2022

Wicaksono, Gumilang (2020) STRATEGI PEMASARAN PRODUK BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) JENIS BIODIESEL DARI PT PELINDO ENERGI LOGISTIK (PEL) DI PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA PERIODE TAHUN 2020-2022. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover dan Pengesahan.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Bab 1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
Thesis lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT Pelindo Energi Logistik (PEL) adalah perusahaan yang bergerak di bidang energi. Salah satu lini bisnis dari PT PEL adalah suplai dan distribusi bahan bakar minyak (BBM) khususnya yang berada di lingkungan pelabuhan milik Pelindo III. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tercapainya penjualan BBM biodiesel yang ditetapkan dalam Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) PT PEL pada tahun 2019 di mana dari volume anggaran sebesar 63.086.435 liter, yang tercapai hanya 57% terhadap volume anggarannya. Pencapaian itu berasal dari pasar internal Pelindo III dan pasar eksternal. Dari pasar eksternal, penjualan yang berasal dari Pelabuhan Tanjung Perak berada jauh di bawah potensi pengisian BBM yang bisa didapat. Melihat kondisi ini, manajemen PT PEL merasa perlu melakukan strategi pemasaran yang tepat yang mencakup isu product, price, promotion, place, people, process, dan physical environment untuk meningkatkan penjualan BBM Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang strategi pemasaran BBM biodiesel dari PT PEL di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya periode tahun 2020-2022. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara dan melakukan analisis eksternal, internal, serta implementasi manajerial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran bisa memberikan pengembangan fungsional perusahaan dengan memakai strategi bauran pemasaran untuk mencapai sasaran perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Tia TIA Aryani
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:11
Last Modified: 12 Apr 2023 07:11
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2615

Actions (login required)