Strategi Pemasaran Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Utara Tahun 2021 - 2023

Marunduri, Desryana Natalia and Pangarso, Ferry Aryo (2020) Strategi Pemasaran Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Utara Tahun 2021 - 2023. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover dan Pengesahan.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Bab 1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text
Thesis lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada RSABBU yang bergerak dibidang jasa kesehatan. RSABBU ingin meningkatkan penjualan yang masih fluktuatif dan mengalami penurunan kunjungan poli rawat jalan yang signifikan di tahun 2020. Keterkaitan permasalahan penurunan kunjungan pasien rawat jalan, RSABBU belum memiliki strategi pemasaran yang tepat dan dapat menjadi pedoman maupun strategi dalam menjalankan bisnisnya. Penulis membuat penelitian berupa penyusunan strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh RSABBU dalam meningkatkan kunjungan poli rawat jalan pada tahun 2021-2023. Penyusunan strategi pemasaran juga mencakup penentuan target pasar, positioning, serta pembuatan program pemasaran (7P) yang dapat dilakukan RSABBU. Langkah awal yang dilakukan untuk menetapkan strategi pemasaran adalah dengan melihat kondisi lingkungan eksternal di industri rumah sakit di Kota Bekasi, untuk melihat sejauh mana isu dan fenomena yang terjadi berpengaruh pada perkembangan pada industri kesehatan. Menganalisis perilaku konsumen dengan consumer decision making process dan awareness. Menganalisis existing marketing strategy dan existing brand image rumah sakit dan pesaing. Hasil dari analisis lingkungan eksternal dan awareness digunakan untuk menentukan marketing objectives sebagai acuan dalam penyusunan strategi pemasaran. Point of difference dan point of parity didapatkan dari hasil analisis consumer decision making process dan existing marketing strategy baik dari rumah sakit maupun pesaing. Brand image (decision) didapatkan dari hasil analisis antara brand awareness dari sisi konsumen, perusahaan dan pesaing, sehingga akan didapatkan marketing strategy dan program pemasaran. Marketing Objectives dari RSABBU antara lain adalah meningkatkan brand awareness dan menentukan target pasar yang tepat. Segmenting dan targeting didapatkan dari hasil analisis consumer decision making process dan existing marketing strategy. Positioning didapatkan dari hasil analisis point of difference dan point of parity. Pada penelitian ini juga mencakup rencana program pemasaran (7P). Pada rencana program pemasaran akan dijelaskan mengenai rencana untuk mengimplementasikan marketing mix (7P) yang telah disusun, anggaran pemasaran untuk melaksanakan kegiatan pemasaran yang telah ditetapkan, serta timeline kegiatan pemasaran untuk periode 2021-2023.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Tia TIA Aryani
Date Deposited: 02 May 2023 04:53
Last Modified: 02 May 2023 04:53
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2654

Actions (login required)

View Item View Item