RANCANGAN STRATEGI OPERASI PADA CV TERRA ULTIMA LINI BISNIS RITEL BRAND DAMA KARA PERIODE 2021-2023

Utama, Angga Perwira and Ryanafi, Reyhan (2021) RANCANGAN STRATEGI OPERASI PADA CV TERRA ULTIMA LINI BISNIS RITEL BRAND DAMA KARA PERIODE 2021-2023. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text (Cover)
1. Cover.pdf

Download (123kB)
[img] Text (Pengesahan)
2. Pengesahan.pdf

Download (93kB)
[img] Text (Abstrak)
4. Abstrak.pdf

Download (16kB)
[img] Text (Daftar isi)
5. Daftar Isi.pdf

Download (456kB)
[img] Text (Bab 1-3)
6. BAB 1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4-7)
7. BAB 4-7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar pustaka)
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)
[img] Text (Fulltext)
Fulltext Angga & Reyhan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

CV Terra Ultima merupakan UMKM yang bergerak di bisnis manufaktur pakaian jadi. Dengan Brand DAMA KARA yang berada pada industri pakaian jadi produk kreatif. Perusahaan belum memiliki strategi pada fungsional operasi, hal ini didapat dari hasil wawancara dan observasi pada CV Terra Ultima sehingga perlu dilakukan rancangan strategi operasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi misi fungsional operasi, sasaran fungsional operasi, keputusan-keputusan strategis pada area operasi dan penyusunan strategi yang perlu dilakukan. Pada periode 2021-2023, CV Tera Ultima dengan lini bisnis ritel brand DAMA KARA berfokus pada aspek kualitas pada dimensi estetika dan pada aspek fleksibilitas sebagai order winner. Desain proses yang menjadi acuan adalah tipe proses batch dengan pendekatan assemble to order. Dengan penerapan standar kualitas yang di dukung dengan cost of quality kategori control costs. Dengan adanya metode quality of source di masing-masing subproses dan inspeksi final barang jadi bertujuan untuk menurunkan persentase produk cacat menjadi di bawah 1%. Utilisasi kapasitas produksi sebesar 89% dan capacity cushion sebesar 11,2% dimana pilihan ialah strategi penentuan besar kapasitas yaitu moderate cushion dan timing kapasitas yaitu wait and see strategy. Sediaan baik bahan baku, barang setengah jadi maupun barang jadi dibuat seminimal mungkin mengacu pada prinsip zero inventory. Pada rantai pasok material menggunakan metode outsource. Hal ini dikarenakan CV Terra Ultima membutuhkan supplier kain sebagai bahan baku. Distribusi menggunakan jasa 3rd party logistics.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Strategic > G Strategic
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Unnamed user with email pustaka_sistem@ppm-manajemen.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:37
Last Modified: 23 Aug 2023 07:37
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2818

Actions (login required)

View Item View Item