Strategi Bisnis PT EVI Periode 2024 - 2026

Puspita, Novia Sari (2023) Strategi Bisnis PT EVI Periode 2024 - 2026. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover Tesis.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak Tesis.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Daftar Isi Tesis .pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB 1- BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4- BAB 7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka Tesis.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Lampiran wawancara Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
Strategi Bisnis PT EVI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PT EVI merupakan perusahaan swasta yang bergerak di Industri kecantikan dan perawatan tubuh di Indonesia. Industri tersebut terus bertumbuh dari tahun 20102022, pandemi Covid-19 dan perkembangan teknologi yang telah mengubah gaya hidup masyarakat seolah mendorong percepatan pertumbuhan dari industri ini, terlihat dari banyaknya pendatang baru dan berubahnya pola belanja konsumen dari offline ke online. Hal tersebut membuat PT EVI merasa perlu membuat strategi bisnis yang sesuai dengan situasi terkini dalam mempertahankan daya saingnya. Terlebih lagi, saat terjadinya penurunan kinerja keuangan, tidak tercapainya target penjualan, dan terhentinya pertumbuhan kontribusi penjualan online di angka 20%. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan metode kualitatif. Data primer didapatkan melalui survei dan wawancara dengan top management. Data sekunder didapatkan dan dikumpulkan melalui studi dokumen, buku-buku literatur, dokumen internal perusahaan, laporan, jurnal, dokumen perusahaan lainnya. Berdasarkan analisis lingkungan eksternal yang dilakukan, peluangnya terletak pada meningkatnya tren gaya hidup masyarakat untuk menjaga kesehatan dan merawat tubuh dan pola belanja konsumen semenjak pandemi di channel online. Ancaman terletak pada jumlah pemain dalam industri mengalami peningkatan, banyak produk baru yang bermunculan. Dari analisis industri yang dilakukan, didapatkan CSF industri, yaitu kecepatan dan fleksibilitas dalam menanggapi perubahan, kemampuan finansial yang kuat, maksimalisasi penggunaan semua saluran distribusi, diferensiasi produk yang menonjol, inovasi dan kreativitas. Dari analisis lingkungan internal, kekuatan perusahaan adalah memiliki diferensiasi produk yang menonjol dan memiliki hubungan baik dengan pelanggan. Kelemahan perusahaan adalah penjualan online belum berjalan maksimal dan kemampuan finansial belum kuat. Hasil pemetaan angka IFE dan EFE pada matriks IE berada pada posisi sel V dengan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil QSPM untuk strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk hampir sama, diputuskan untuk menjalankan keduanya karena kedua strategi tersebut saling mendukung. Strategi bisnis PT EVI 2024-2026 dirancang menggunakan peta strategi dan balanced scorecard.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A Management > AF Strategic management
H Human resource management > HA Talent management
H Human resource management > HF Employee development
Divisions: Program Studi Magister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Agus LIM Salim
Date Deposited: 23 Apr 2024 06:52
Last Modified: 23 Apr 2024 06:52
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/3052

Actions (login required)

View Item View Item