RANCANGAN STRATEGI REKRUTMEN DAN SELEKSI AO & RO DI IMJ MENGHADAPI GENERASI Z

Setianingsih, Maria Cicilia (2019) RANCANGAN STRATEGI REKRUTMEN DAN SELEKSI AO & RO DI IMJ MENGHADAPI GENERASI Z. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dengan menjunjung tinggi profesionalisme dan kepercayaan masyarakat, PT Indah Maju Jaya, Tbk (IMJ) hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia sejak 10 Oktober 1955. Target rekrutmen IMJ akan mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Dengan adanya peningkatan target ini, maka strategi rekrutmen dan seleksi dalam mencari calon kandidat pun harus disesuaikan mengingat calon tenaga kerja yang menjadi target rekrut merupakan bagian dari generasi Z. Hal ini disesuaikan dengan pemenuhan kebutuhan yang mayoritas dari rekrutmen eksternal yang merupakan fresh graduate dengan rentang umur 20 sampai dengan 22 tahun. Profil Gen Z dan AO & RO IMJ dapat dikategorikan menjadi 3 bagian, nilai-nilai perusahaan, hard competency, dan soft competency. Nilai-nilai terdiri dari inovasi, customer oriented, integrity, dan teamwork. Hard competency terdiri dari credit competency, product knowledge, technology savvy, dan growing business competency. Soft competency terdiri dari adaptability, achievement orientation, relation building, self control, dan information seeking. Selain ketiga kategori tersebut, profil Gen Z dan AO & RO juga dapat dideskripsikan bahwa mereka mandiri, menyukai kebebasan dan keterbukaan, melakukan kegiatan yang disenangi, dan butuh pendampingan/mentor dalam bekerja. Rancangan strategi rekrutmen dan seleksi dirumuskan berdasarkan strategi primary features dan secondary features. Pendekatan strategi primary features strategi rekrutmen dan seleksi memberikan kontribusi yang tinggi terhadap pencapaian organisasi baik untuk strategi jangka pendek atau jangka panjang perusahaan. Dalam pendekatan secondary features, mengeluarkan dana investasi yang cukup besar (front-loaded investment model) dianggap lebih baik. Dengan dana yang dikeluarkan yang cukup banyak maka haruslah alat pengujian dilakukan dengan sangat teliti dan canggih (rigorous evaluation). Dengan alat pengujian yang teliti tentunya dibutuhkan waktu yang lama dalam hal perekrutan (sophisticated evaluation). Dalam pendekatan secondary features, kunci utama dalam rekrutmen dan seleksi terdapat pada pihak-pihak pemangku kepentingan (multi-stakeholder investment).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Human resource management, Recruitment
Subjects: H Human resource management > H Human resource management
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 17 Apr 2020 08:09
Last Modified: 27 Sep 2020 05:00
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item View Item