Purba, Yosephine (2019) PEMODELAN CELEBRITY ENDORSEMENT PADA PRODUK DIGITAL. Masters thesis, PPM Manajemen.
Text
Cover.pdf Download (38kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (420kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (81kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (84kB) |
|
Text
Tesis Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dalam upaya pemasaran barang atau jasa, tidak ada cara yang lebih tepat dibandingkan dengan menggunakan selebriti sebagi media untuk memperkenalkan barang atau jasa tersebut. Dengan kata lain “nothing sells like celebrity” (Creswell, 2008). Sementara menurut (Taylor, 2016) fenomena seorang selebriti untuk mendukung periklanan “tidak harus menjadi resep untuk sukses” Data yang didapat berdasarkan penelitian sebelumnya juga mendukung pernyataan tersebut (Gambar 1.1 dan Gambar 1.2). Bagaimana cara terbaik dalam celebrity endorsement tersebut? Perlu diketahui, terdapat 4 aspek yang mendukung efektivitas endorsement yang akan dibahas pada penelitian ini yaitu, attractiveness, expertise, trustworthy dan match-up congruence (McCracken, 1989) ; (Erdogan, Baker, & Tagg, 2001). Penelitian sebelumnya, membuktikan bahwa adanya dampak positif celebrity endorsement terhadap brand attitude dari produk tersebut (Wang & Scheinbaum, 2017). Pandangan konsumen terhadap suatu merek tertentu adalah pemikiran konsumen mengenai suatu merek tersebut (Wang & Scheinbaum, 2017). Beberapa penelitian telah membuktikan pengaruh dukungan selebriti pada suatu produk atau merek dan telah menunjukkan bahwa dukungan selebriti tersebut berdampak pada brand attitude. Pembahasan dengan topik yang lebih luas, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa brand attitude memiliki dampak positif pada minat beli konsumen. Penelitian ini akan menguji hubungan antara aspek yang harus dimiliki oleh selebriti dalam melakukan endorse produk atau jasa terhadap brand attitude. Tujuannya adalah untuk memberikan kesimpulan serta arahan tentang kesuksesan resep pemasaran dengan celebrity endorsement. Sehingga pertanyaan pada penelitian ini yaitu “Bagaimana pemodelan terbaik celebrity endorsement pada produk digital?” Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 250 data hasil kuesioner yang diperoleh telah dianalisis dengan metode analisis statistik menggunakan aplikasi SPSS. Dari hasil analisis faktor diperoleh bahwa physical appearance dan personality merupakan dimensi attractiveness. Dari hasil analisis regresi diperoleh bahwa koefisien expertise memiliki nilai yang tidak signifikan mempengaruhi brand attitude. Pemodelan endorsement ini menyajikan output persamaan regresi serta implikasinya dan saran bagi pihak-pihak terkait.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing managemetn, Digital marketing, Endorsement |
Subjects: | B Marketing > BC Marketing management |
Divisions: | Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda |
Depositing User: | Slamet SPJ Pujiana |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 00:45 |
Last Modified: | 17 Nov 2020 06:50 |
URI: | http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/342 |
Actions (login required)
View Item |