Wikanto, Hayu (2013) RANCANGAN PENYEMPURNAAN STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI ASTRA DAIHATSU MOTOR. Masters thesis, PPM Manajemen.
Text
Cover.pdf Download (199kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (382kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (202kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
|
Text
Daftara Pustaka.pdf Download (425kB) |
|
Text
Tesis Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Strategi bisnis 2012-2014 dan strategi bisnis 2015-1017 PT Astra Daihatsu Motor (ADM), berdasarkan tipologi strategi bisnis Miles dan Snow ADM memiliki tipe Analyzer. Yaitu strategi yang fokus terhadap inovasi pengembangan produk, namun juga memperhatikan efisiensi biaya dan kualitas. Untuk mencapai strategi ini, maka ADM harus didukung dengan MSDM yang memiliki strategi dasar mengalokasikan SDM, dimana strategi ini merupakan penggabungan strategi mengembangkan SDM secara internal yang didukung dengan mengakuisisi SDM. Oleh karena itu, ADM harus didukung dengan pengelolaan rekrutmen dan seleksi yang menggunakan strategi ‘make’ dan ‘buy’ untuk mempercepat akuisisi kompetensi, sehingga dapat mendukung pertumbuhan bisnis yang sangat pesat. Dalam hal pengelolaan pengembangan karyawan, program training yang ekstensif yang dilaksanakan perusahaan harus mendapatkan dukungan dari manajemen lini. Untuk memastikan manajemen lini fokus terhadap proses dan hasil kerja, maka ADM perlu melakukan analisa beban kerja sehingga atasan dapat memonitor perkembangan anak buahnya. Selain itu, ADM harus memastikan ketersediaan kader pemimpin di masa datang, untuk mengoptimalkan kapabilitas perusahaan dalam mencapai sasaran bisnisnya. Pengelolaan kinerja harus mampu mendorong memotivasi SDM untuk memunculkan kinerja yang optimal melalui kriteria dan sistem penilaian kinerja yang terintegrasi terhadap sistem imbal jasa dan sistem promosi. Sehingga SDM memiliki orientasi terhadap hasil dan juga terhadap proses. Demikian halnya dengan pengelolaan imbal jasa, ADM harus mempertimbangkan sistem kompensasi yang mempertimbangkan keadilan internal untuk menjaga iklim kerja tetap harmonis, dan juga mempertimbangkan keadilan eksternal sehingga menarik bagi SDM berpengalaman untuk bergabung dengan ADM. Adapun untuk pengelolaan hubungan karyawan, ADM harus memperhatikan perbedaan budaya maupun bahasa antara SDM yang berasal dari lokal dan SDM yang ekspatriat. ADM harus mendorong tumbuhnya keterbukaan komunikasi baik formal maupun internal di dalam lingkungan kerja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Human resource management, Human resource strategy |
Subjects: | H Human resource management > H Human resource management |
Divisions: | Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif |
Depositing User: | Slamet SPJ Pujiana |
Date Deposited: | 24 Apr 2020 03:28 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 03:11 |
URI: | http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/370 |
Actions (login required)
View Item |