Priatna, Priatna (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBACA MAJALAH BERITA UNTUK BERLANGGANAN. Masters thesis, PPM Manajemen.
Text
Cover.pdf Download (74kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (301kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (120kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (181kB) |
|
Text
Tesis Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Industri penerbitan majalah cetak merupakan bisnis yang mengandalkan revenue dari pendapatan iklan dan sirkulasi, baik langganan maupun retail. Seiring cepatnya perkembangan media online, majalah cetak mengalami tekanan besar. Sehingga hampir semua majalah mengalami penurunan pendapatan dari kedua sumber revenuenya. Sementara di sisi lain kehadiran media online yang diduga menggerogoti revenue majalah cetak, pendapatannya relative masih kecil hanya sekitar 10 % dibanding media cetak walau angka pertumbuhannya dari tahun ke tahun secara persentase cukup signifikan. Karena itu, walaupun trendnya dalam beberapa tahun terakhir terus menurun, para penerbit majalah cetak masih mengandalkan bisnis majalah cetak sebagai penyumbang revenue yang jauh lebih besar, sambil mengembangkan bisnis media digitalnya. Beberapa kajian teori dan penelitian terdahulu mengungkapkan bahwa untuk mempertahankan bisnis majalah cetak penerbit harus lebih memperbesar jumlah pelanggannya dibanding pembeli retail. Karena dengan semakin besarnya jumlah pelanggan penerbit lebih memiliki kepastian revenuenya dalam jangka panjang dan lebih stabil. Dari sisi itulah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi pembaca majalah untuk berlangganan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan mengandalkan survey lewat kuesioner. Alat bantu pengolahan data menggunakan Excell, SPSS 16 dan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pembaca majalah berita untuk berlangganan adalah kualitas layanan penerbit majalah. Kemudian secara berurutan diikuti faktor kualitas fisik majalah, kualitas layanan customers services, kualitas konten, reputasi dan brand, faktor harga, obyektivitas pemberitaan dan promosi. promosi, konten majalah, harga, insentif, reputasi perusahaan dan terakhir kualitas fisik majalahnya. Dari 8 faktor yang terbentuk faktor kualitas layanan menjadi faktor yang paling dominan mempengaruhi pembaca majalah berita untuk berlangganan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing, Consumer behaviour |
Subjects: | B Marketing > BC Marketing management |
Divisions: | Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif |
Depositing User: | Slamet SPJ Pujiana |
Date Deposited: | 24 Apr 2020 10:23 |
Last Modified: | 27 Nov 2020 00:18 |
URI: | http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/385 |
Actions (login required)
View Item |