STRATEGI BISNIS PT. XYZ DALAM INDUSTRI ALAT LISTRIK PERIODE 2016 - 2020

Indrawati, Indrawati (2015) STRATEGI BISNIS PT. XYZ DALAM INDUSTRI ALAT LISTRIK PERIODE 2016 - 2020. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, PT. XYZ khususnya bersaing dalam industri alat listrik, jika ingin bertahan dan berkembang maka harus mempunyai strategi bisnis untuk memenangkan persaingan. Untuk membuat strategi bisnis yang komprehensif, PT. XYZ harus memahami dan menganalisis lingkungan makro yang terdiri dari lingkungan eksternal (peluang dan ancaman yang dipetakan ke dalam matriks EFE) dengan menggunakan analisis PESTEL dan analisis industri dengan menggunakan Five Force Porter serta menganalisis lingkungan internal perusahaan (kekuatan dan kelemahan yang dipetakan ke dalam matriks IFE). Setelah memahami peluang dan ancaman, kekuatan dan kelemahan serta visi misi perusahaan maka menetapkan sasaran lima tahun ke depan. Setelah itu merumuskan alternatif strategi dengan menggabungkan EFE dan IFE ke dalam matriks IE serta menggabungkan peluang dan ancaman, kekuatan dan kelemahan ke dalam matriks TWOS. Dari Matriks IE dan matriks TOWS akan diidentifikasikan beberapa alternatif strategi. Dari beberapa alternatif strategi dipilih strategi yang paling tepat untuk diimplementasikan oleh PT. XYZ. Dalam penelitian ini strategi yang paling tepat untuk PT. XYZ yang diperoleh pada matriks IE dengan nilai matriks EFE 2,97 dan nilai matriks IFE 2,96 sehingga masuk pada kotak V yang berarti market penetration and produk development. Perumusan strategi jga menggunakan matriks TWOS yang menghasilkan beberapa alternatif strategi. Untuk pemilihan strategi yang paling tepat dengan menggunakan QSPM yang menghasilkan product development= 3,91, market penetration=3,90, dan membangun aliansi= 3,45. Dengan demikian saran untuk PT. XYZ adalah melaksanakan semua strategi utama yang dihasilkan karena ketiganya saling mendukung, dan juga melakukan semua strategi umum yang dihasilkan. Dan saran tambahan untuk PT. XYZ adalah : membentuk tim R & D agar diferensiasi produk dapat lebih fokus karena sebagai strategi utama, serta ke depannya agar memikirkan untuk menyatukan area proses produksi agar lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategic, Business strategy, Business development
Subjects: G Strategic > G Strategic
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 25 Apr 2020 05:27
Last Modified: 27 Nov 2020 07:08
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/393

Actions (login required)

View Item View Item