STRATEGI BISNIS PT PATRA TRADING MENUJU PERUSAHAAN TERDEPAN TAHUN 2022

Masruchin, Mohamad and Waljiyanto, Waljiyanto (2018) STRATEGI BISNIS PT PATRA TRADING MENUJU PERUSAHAAN TERDEPAN TAHUN 2022. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (480kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (615kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PT Patra Trading bergerak di bidang usaha trading produk Petrochemical dan Operatorship fasilitas distribusi LPG serta Petrochemical. Pada saat ini PT Patra Trading sedang menghadapai masalah kinerja perusahaan yang tidak stabil dan cenderung menurun sejak tahun 2016. Hal ini disebabkan oleh belum adanya strategi jangka panjang yang disusun secara comprehensive. Beberapa pertanyaan penting memerlukan jawaban dari kajian yang dilakukan antara lain, Bagaimana strategi perusahaan kedepannya agar kinerjanya membaik?, Apa ukuran kinerja yang turun dari visi, misi dan tujuan perusahaan?, Apa isu strategis yang muncul dari peluang dan ancaman eksternal?, Apa isu strategis yang muncul dari kekuatan dan kelemahan internal ?, Apa faktor – faktor kunci yang harus diperhatikan dan dimiliki oleh perusahaan?, Strategi apa saja yang mungkin dilaksanakan?, Apa sasaran strategis perusahaan? Untuk membangun strategi perusahaan, memerlukan analisis penerjemahan visi dan misi PT Patra Trading ke dalam strategi bisnis, yang dimulai dengan melakukan analisis isu strategis eksternal dan isu strategis internal perusahaan baik makro maupun mikro guna mendapatkan Key Succsess Factor, peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan perusahaan. Dari factor eksternal dan factor internal ini akan dikaji lebih lanjut guna menetapkan strategi perusahaan dengan menggunakan analisis EFE Matrix dan IFE Matrix. Pada akhirnya hasil yang diharapkan adalah identifikasi dan penetapan sasaran strategis perusahaan sebagai rekomendasi rencana strategi bisnis PT Patra Trading tahun 2018 – 2022 guna mengatasi penyebab kinerja perusahaan yang buruk melalui beberapa hal yaitu Teridentifikasinya kinerja strategi perusahaan kedepan, Teridentifikasinya ukuran kinerja dalam analisis terhadap visi, misi, tujuan dan strategi saat ini melalui Critical Success Factor, indikator kinerja atau Key Performance Indicator (KPI), Teridentifikasinya isu strategis eksternal dalam bentuk peluang dan ancaman melalui analisis PESTEL (Political Economic, Social, Technology, Environment and Legal) dan Porter 5’s Factor, Teridentifikasinya isu strategis internal dalam bentuk kekuatan dan kelemahan dengan menggunakan analisis Competitive Profile Matrix, dan Fungsional, Teridentifikasinya faktor – faktor kunci perusahaan melalui analisis Critical Success Factor dan Competitive Profile Matrix, Teridentifikasinya strategi apa saja yang mungkin akan dilaksanakan melalui analisis Matriks IE, Matriks TOWS, dan Competitive Strategy Porter’s, Mendapatkan sasaran strategis perusahaan melalui rekomendasi dari hasil kajian secara menyeluruh dalam bentuk strategi bisnis PT Patra Trading melalui analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Strategi yang disusun diharapkan dapat mengarahkan PT Patra Trading menjadi perusahaan terdepan dibandingkan dengan perusahaan sejenis di kelasnya pada tahun 2022.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategic
Subjects: G Strategic > G Strategic
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 06 May 2020 10:06
Last Modified: 16 Dec 2020 00:55
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/477

Actions (login required)

View Item View Item