STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS BATTERY ENERGY STORAGE PT PJB

Irwan, Irwan (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS BATTERY ENERGY STORAGE PT PJB. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sebagai salah satu bagian roadmap strengthen market expansion dalam bentuk pengembangan pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT), PT PJB memiliki komitmen dalam pengembangan pembangkit EBT sebagai alternatif energi masa depan. Battery energy storage yang memiliki skala aplikasi yang luas dalam mendukung pemanfaatan EBT dalam bidang ketenagaliastrikan. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju menyebabkan meningkatnya maturity teknologi yang dapat menurunkan biaya investasi. Artinya battery energy storage menjadi peluang sekaligus tantangan bisnis ketenagaistrikan PT PJB pada masa depan. Pertimbangan utama pengembangan bisnis battery energy storage adalah bahwa peranan teknologi ini penting dalam mendisrupsi bisnis ketenagalistrikan PT PJB. Akan tetapi, dengan strategi bisnis yang tepat maka hal ini dapat memunculkan peluang bisnis baru untuk menghasilkan pendapatan dan menunjang pencapaian roadmap strengthen market expansion. Strategi bisnis ini dirumuskan berdasarkan hasil analisis menggunakan seven’s domain of attractiveness yang terbagi dalam market domain, industry domain dan team domain. Market domain terdiri dari market attractiveness dan sector market benefit & attractiveness. Industry domain terdiri dari industry attractiveness dan sustainable advantage. Team domain terdiri dari mission, aspiration, prospensity for risk, connected up down, across value chain dan ability to excute. Metodologi studi dokumen digunakan untuk analisis market domain dan industry domain, sedangkan analisis team domain menggunakan metodologi survei, wawancara dan studi dokumen. Analisis seven’s domain of attractiveness akan menghasilkan peluang pengembangan bisnis battery energy storage yang terdiri dari 4 (empat) alternatif strategi: product development, consentric diversification, strategic alliance dan vertical integration yang diperoleh melalui analisis grand strategy selection matrix. Roadmap pengembangan bisnis battery energy storage PT PJB dibuat berdasarkan alternatif strategi yang didapatkan, terdiri dari 6 (enam) tahapan yaitu: transformasi, maturity, eksekusi, profitability, konsolidasi dan perbaikan. Untuk memastikan roadmap pengembangan bisnis dapat dilaksanakan dalam upaya mencapai visi dan misi diperlukan mitigasi risiko strategi pengembangan bisnis battery energy storage meliputi: penggunaan data dan sumber yang kredibel dalam survei dan wawancara, update dan pembuatan dan penyesuaian kebijakan sesuai dinamika pasar dan industri, kebijakan sistem informasi, penyesuaian struktur organisasi, pembuatan strategi bisnis alternatif, komitmen manajemen, optimasi program knowledge management, serta pedoman investasi PT PJB.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategic, Business strategy, Business development
Subjects: G Strategic > G Strategic
G Strategic > GA Organizational development
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 11 May 2020 15:21
Last Modified: 23 Sep 2020 14:23
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item