STRATEGI PORTOFOLIO PT. KIMIA FARMA (PERSERO), TBK

Prazos, Andi (2019) STRATEGI PORTOFOLIO PT. KIMIA FARMA (PERSERO), TBK. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (79kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam menghadapi persaingan pasar farmasi nasional yang terdiri dari lebih 200 Perusahaan dan beragamamnya produk kesehatan yang ditawarkan, menyebabkan PT. Kimia Farma (Persero) Tbk yang merupakan suatu perusahaan multi bisnis yang terdiri dari perusahaan yang bertindak sebagai induk dengan anak perusahaan utama yakni PT Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD), PT Kimia Farma Apotek (KFA) dan PT Singkona Indonesia Lestari (SIL) selalu dituntut untuk beroperasi secara efektif, efisien dan memanfaatkan kesempatan yang ada, sehingga mampu bertahan bahkan memenangkan persaingan. Untuk itu diperlukan suatu strategi yang tepat termasuk strategi/pendekatan yang harus dilakukan kepada anak perusahaan agar kinerjanya menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan alat analisi matrik daya tarik industri/kekuatan bisnis matrik GE, Matrik TOWS dan Corporate Parenting Framework. Sebagai salah satu alat analisis Matrik GE dan TOWS menghasilkan kesimpulan strategi yang sesuai dengan keadaan perusahaan adalah strategi selective dan growth sehingga secara generik perusahaan dapat tumbuh dan berkembangan dengan tetap melindungi program yang telah dilakukan serta meningkatkannya dengan melakukan investasi dan diversifikasi produk pada segmen yang paling menarik dengan mengandalkan kekuatan internal dan peluang pertumbuhan yang ada dengan tetap melakukan efisiensi dan efektivitas produktivitas demi menekan beban operasional perusahaan. Hasil parenting fit strategy dimana anak perusahaan PT Kimia Farma (Persero) Tbk secara keseluruhan berada pada area heartland yang menandakan bahwa KFTD, KFA dan SIL seharusnya dapat menunjukkan kinerja yang baik karena perusahaan induk sangat menguasai bisnisnya dan mempunyai kemampuan untuk membantu KFTD, KFA dan SIL

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategic, Portfolio strategy
Subjects: G Strategic > G Strategic
G Strategic > GC Organizational strategy
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 11 May 2020 15:56
Last Modified: 28 Dec 2020 08:59
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/546

Actions (login required)

View Item View Item