STRATEGI PROMOSI KEPADA CALON MERCHANT PT SHOPEE INTERNATIONAL INDONESIA TAHUN 2020-2021

Novianti, Novianti (2019) STRATEGI PROMOSI KEPADA CALON MERCHANT PT SHOPEE INTERNATIONAL INDONESIA TAHUN 2020-2021. Skripsi thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (79kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Merchant merupakan salah satu komponen yang cukup penting dalam industri e-commerce. Agar mampu bertahan dalam persaingan yang ada, maka para pemain dalam industri e-commerce harus bekerja keras salah satunya adalah dengan memperbanyak merchant yang mereka miliki agar produk yang ditawarkan lengkap dan dapat menjadi pilihan nomor satu oleh para consumer. Oleh karena itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi promosi yang dapat diimplementasikan oleh Shopee Indonesia guna menambah jumlah merchant yang dimilikinya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian terapan dengan metode deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan datanya menggunakan metode observasi partisipatif dan wawancara terstruktur. Jumlah narasumber yang diwawancarai adalah sebanyak 16 orang yang terdiri dari 3 orang sales agents dan 13 merchant yang merupakan VIP Seller Shopee Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis TOWS untuk merumuskan beberapa alternatif strategi yang memungkinkan untuk diimplementasikan oleh perusahaan. Berdasarkan hasil dari analisis TOWS, penulis akan memilih strategi yang dinilai tepat untuk diimplementasikan perusahaan. Pemilihan strategi dilakukan dengan membuat tiga kriteria yang diperhatikan oleh perusahaan saat membuat strategi promosi kepada calon merchant. Strategi yang dipilih adalah strategi yang dinilai paling memenuhi ketiga kriteria yang telah dibuat. Dari beberapa alternatif strategi yang ada, strategi yang dipilih adalah strategi WT1 (mencari sales agents di semua kota yang potensial di Indonesia), strategi SO1 (membuat program referal khusus untuk merchant), dan strategi ST1 (membuat sesi “Bincang Shopee” dengan topik bahasan seputar pemberlakuan pajak e-commerce). Selain diharapkan dapat menambah jumlah merchant perusahaan, ketiga strategi tersebut juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan program UMKM go online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Promotion, Marketing strategy
Subjects: B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Sarjana > Manajemen Bisnis Profesional
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 20 May 2020 00:55
Last Modified: 27 Jan 2021 05:15
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item View Item