PENGEMBANGAN MODEL BISNIS DULUX HOME PAINTING SERVICE (DHPS) MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN IMPLEMENTASINYA TAHUN 2015–2017

Nurmayanti, Nina and Asshagab, Sri Milawati (2014) PENGEMBANGAN MODEL BISNIS DULUX HOME PAINTING SERVICE (DHPS) MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN IMPLEMENTASINYA TAHUN 2015–2017. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam kategori cat dekoratif, Dulux tercatat sebagai merek yang paling banyak dikonsumsi. Dulux merupakan cat yang banyak digunakan oleh konsumen kelas premium. Untuk terus menjadi pemain utama di bidangnya, PT. ICI Paints Indonesia berinovasi dengan mengembangkan usaha jasa pengecatan, bernama Dulux Home Painting Service (DHPS). Selama didirikan sejak Agustus 2011, pertumbuhan DHPS dinilai cukup lambat karena pengelolaannya melalui sistem agency. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi atas model bisnis yang berjalan saat ini agar bisnis DHPS dapat tumbuh dengan lebih cepat dan melakukan ekspansi ke berbagai wilayah di Indonesia. Dalam melakukan evaluasi model bisnis DHPS, penulis menggunakan konsep Business Model Canvas (BMC) yang terdiri dari 9 (sembilan) elemen bisnis yang saling terkait satu dengan yang lain. Dari hasil evaluasi model bisnis DHPS, ditemukan bahwa kekuatan yang paling penting untuk kesuksesan bisnis DHPS adalah citra merek Dulux sedangkan kelemahan yang paling menentukan adalah kompetensi tim manajemen agency yang masih kurang. Berdasarkan hal tersebut, penulis mengusulkan model bisnis baru untuk DHPS, yaitu dengan menjadikan kontraktor yang berbadan hukum sebagai agency. Tujuannya adalah untuk mengatasi kelemahan agency saat ini dalam mengelola tukang cat yang ada. Dengan menggunakan kontraktor sebagai agency, diharapkan kontraktor dapat selalu menyediakan tukang cat cadangan untuk setiap proyek yang berjalan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Management, Strategic management, Business model canvas
Subjects: A Management > AB Management
A Management > AF Strategic management
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Wijawiyata Manajemen
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 19 Jun 2020 01:11
Last Modified: 21 Apr 2021 02:24
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item