Valensia, Meta (2018) RANCANGAN MODEL RELATIONSHIP MARKETING DALAM INDUSTRI BAJA DI INDONESIA. Masters thesis, PPM Manajemen.
Text
Cover.pdf Download (44kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (43kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (54kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (220kB) |
|
Text
Tesis Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh setiap variabel dimensi-dimensi relationship marketing terhadap relationship marketing di industri baja Indonesia, mengidentifikasi pengaruh variabel relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh trust dan image perusahaan di industri baja Indonesia, dan menyusun rancangan model hubungan pemasaran yang komprehensif di industri baja Indonesia. Dalam mengukur relationship marketing terdapat 5 dimensi yaitu: reciprocity (timbal balik), communicaton (komunikasi), commitment (komitmen), conflict handling (penanganan konflik), dan emphaty (empati). Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis hasil kuesioner dari 100 responden yang disebar dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan SmartPLS 3 sebagai alat untuk melakukan analisis Partial Least Square (PLS). Penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan, berdasarkan uji PLS, variabel trust tidak memediasi hubungan antara relationship marketing dengan loyalty, hal ini dikarenakan nilai dari t-statistic lebih kecil dari nilai t-table. Variabel image tidak memediasi hubungan antara relationship marketing dengan loyalty, hal ini dikarenakan nilai dari t-statistic lebih kecil dari nilai t-table.Variabel relationship marketing tidak berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas, hal ini dikarenakan nilai t-statistic lebih kecil dari nilai t-table. Sedangkan secara parsial, variabel relationship marketing dipengaruhi oleh commitment sebesar 2.531. Relationship marketing tidak dipengaruhi oleh communication. Relationship marketing dipengaruhi oleh conflict handling sebesar 30.467. Relationship marketing dipengaruhi oleh emphaty sebesar 11.006. Relationship marketing dipengaruhi oleh reciprocity sebesar 5.205. Dari semua variabel yang diuji, dapat diketahui bahwa dari kelima dimensi yang mengukur relationship marketing hanya terdapat satu dimensi yang tidak signifikan dalam mengukur relationship marketing dan dari hasil pengukuran hipotesis hanya variabel trust dan image yang berpengaruh terhadap loyalty. Penelitian dapat memberikan masukan kepada manajer untuk dapat membuat strategi agar dapat meningkatkan relationship marketing. Selain itu, saran untuk penelitian selanjutnya juga dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing, Relationship marketing, Marketing strategy, Service marketing |
Subjects: | B Marketing > B Marketing B Marketing > BD Marketing strategy B Marketing > BH Services marketing |
Divisions: | Program Studi Megister > Manajemen Wijawiyata Manajemen |
Depositing User: | Slamet SPJ Pujiana |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 02:24 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 08:46 |
URI: | http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/819 |
Actions (login required)
View Item |