PERAN FINANCIAL SELF-EFFICACY SEBAGAI MEDIATOR DALAM MEMPERCEPAT INKLUSI KEUANGAN

Fadillah S.L., Tubagus (2018) PERAN FINANCIAL SELF-EFFICACY SEBAGAI MEDIATOR DALAM MEMPERCEPAT INKLUSI KEUANGAN. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB 1-3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial Self-Effiacy sebagai mediator financial attitude, financial literacy, social network, serta subjective norm terhadap Financial Inclusion di kota Jakarta. Penelitian ini juga melihat pengaruh perceived risk terhadap financial inclusion sebagai bentuk pengembangan dari model penelitian yang direplikasi. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis hasil kuesioner dari 216 warga kota Jakarta yang disebar dengan teknik quota sampling. Peneltian ini menggunakan SMARTPLS 3.0 sebagai alat untuk melakukan analisis structural equation modelling. Penelitian ini menunjukkan bahwa financial attitude, financial literacy, social network, serta financial self-efficacy sebagai mediator mempengaruhi financial inclusion sebsesar 49,4%. Financial self-efficacy mampu memediasi variabel financial literacy dan social network. Sedangkan perceived risk tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap financial inclusion. Variabel subjective norm tidak berpengaruh secara langsung terhadap financial inclusion. Penelitian ini dapat memberikan masukan kepada para pemangku kepentingan untuk dapat membuat strategi agar dapat meningkatkan pengguna jasa keuangan dalam rangka mempercepat inkusi keuangan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Consumer behaviour, Financial inclusion, Financial self-efficacy
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BP Consumer behaviour
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Wijawiyata Manajemen
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 01 Jul 2020 03:16
Last Modified: 22 Jul 2022 02:54
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/823

Actions (login required)

View Item View Item