RANCANGAN STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS JASA TRUCKING DI PT SAMUDERA PERDANA PERIODE 2020 – 2023

Surya, Teguh Bagus (2019) RANCANGAN STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS JASA TRUCKING DI PT SAMUDERA PERDANA PERIODE 2020 – 2023. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kualitas jasa merupakan salah satu faktor penting untuk mencapai kepuasan pelanggan. Beberapa studi mengungkapkan bahwa kepuasan pelanggan dapat mempertahankan pelanggan lama dan mendorong akuisisi pelanggan, terutama pada industri logistik yang memiliki persaingan ketat. Survei pendahuluan di PT Samudera Perdana menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan masih sekitar 71%, lebih rendah daripada target manajemen sebesar 90%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesenjangan (gap) kualitas jasa trucking dari persepsi dan ekspektasi pelanggan, menentukan atribut kualitas jasa prioritas, serta mengembangkan strategi untuk meningkatkan kualitas jasa trucking di PT Samudera Perdana melalui integrasi Gap Analysis, Importance-Performance Analysis (IPA), dan Quality Function Deployment (QFD). Gap Analysis menunjukkan bahwa keseluruh 18 atribut kualitas jasa memiliki kesenjangan negatif secara signifikan. Importance-Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa terdapat 9 atribut kualitas jasa trucking yang menjadi prioritas, yakni 4 atribut pada kuadran Concentrate here dan 5 atribut pada kuadran Keep up the good work. Melalui pendekatan QFD, sembilan atribut prioritas tersebut kemudian diterjemahkan ke dalam respons-resposn strategis. Terdapat lima strategi yang dapat diimplementasikan perusahaan untuk meningkatkan kualitas jasa trucking, yakni “Pengembangan divisi QHSE independen”, “Pengembangan kemitraan dengan platform ondemand trucking”, “Pengembangan sistem manajemen transportasi terintegrasi”, “Pengembangan sekolah mitra pengemudi”, serta “Pengembangan preventive maintenance system”.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Operations, Operation managemen, Supply chain management, Logistic management
Subjects: C Operations > C Operations
C Operations > CB Operation management
C Operations > CD Logistics
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Wijawiyata Manajemen
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 07 Jul 2020 05:00
Last Modified: 27 Jan 2021 05:03
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item View Item