STRATEGI PEMASARAN BUKALAPAK.COM TAHUN 2015-2018

Dasuha, Silvia Veronika (2015) STRATEGI PEMASARAN BUKALAPAK.COM TAHUN 2015-2018. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (242kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Potensi pasar yang besar dalam industri marketplace ternyata belum mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Bukalapak sebagai salah satu pemainnya. Performa Bukalapak masih belum optimal, dilihat dari perbandingan nilai market share antar pemain dan juga conversion rate yang dihasilkan. Persaingan industri marketplace yang semakin ketat pun juga akan menjadi ancaman kedepannya bagi Bukalapak. Guna meningkatkan performa bisnisnya untuk bersaing di industri ini, maka Bukalapak membutuhkan sebuah strategi pemasaran yang baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan suatu strategi pemasaran bagi Bukalapak dalam tiga tahun kedepan. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisa portfolio GE/Mckinsey , dengan melihat kondisi kemenarikan (market attractiveness) pasar marketplace dan bagaimana posisi persaingan (competitive position) Bukalapak dibandingkan dengan situs marketplace lainnya. Metodologi yang digunakan adalah online survey terhadap 109 responden, wawancara dengan pihak Bukalapak, dan juga hasil riset lainnya. Berdasarkan hasil analisa portfolio diketahui bahwa Bukalapak memiliki nilai MAI (60), CAI (63,1) dan berada di kuadran 5. Dari beberapa pilihan rencana strategi telah dipilih satu yang paling tepat dengan menggunakan analisa keputusan yaitu Build Marketing Advantage. Rencana implementasi telah dibuat dengan tujuan untuk memberikan keunggulan dalam semua aspek pemasaran, diantaranya market share, brand awareness, dan distribution.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Marketing strategy, Strategic marketing, Marketing mix
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 09 Jul 2020 07:31
Last Modified: 29 Jun 2022 03:36
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item