Faizanur, Fatya and Simatupang, Yoseph Asa Anindyajati (2017) RANCANGAN STRATEGI PENINGKATAN KETERIKATAN KARYAWAN BERDASARKAN PENDEKATAN EVP PADA CIPTA HOTEL PANCORAN. Masters thesis, PPM Manajemen.
Text
Cover.pdf Download (24kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (258kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (163kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (178kB) |
|
Text
Tesis Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Cipta Hotel Pancoran sebagai hotel bintang 3+ yang mulai beroperasi tahun 2015 saat ini masih belum mampu memenuhi target occupancy rate dan target keuntungan mereka, hal ini ditambah dengan kondisi-kondisi eksternal seperti persaingan yang semakin ketat dan kondisi ekonomi global yang sedang menurun menjadikan manajemen harus melakukan strategi untuk masa depan perusahaan salah satunya dengan cara men-aktifkan/menutup sebagian lantai hotelnya. Dengan pengurangan lantai hotel, maka hotel akan dijalankan dengan jumlah karyawan seminiminal mungkin. Hal ini sangat penting bagi manajemen untuk menjaga keterikatan karyawan agar karyawan tetap bertahan dan kualitas pelayanan hotel tetap maksimal. Namun hal ini belum dapat dilakukan dengan jumlah turn-over karyawan sukarela yang masih tinggi dengan alasan ketidakpuasan karyawan dengan sistem kompensasi perusahaan. Dengan kondisi tersebut, perusahaan harus mencari pendekatan-pendekatan lain dalam meningkatkan keterikatan karyawan yang bersifat non-moneter atau berbiaya rendah tetapi efektif yaitu dengan pendekatan Employee Value Proposition. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor Employee Value Proposition (EVP) yang penting bagi karyawan Cipta Hotel Pancoran dan merancang strategi peningkatan keterikatan karyawan berdasarkan pendekatan EVP. Subjek dari penelitian ini berfokus pada seluruh karyawan Core Position Cipta Hotel Pancoran pada generasi Y dan Z yang berjumlah 70 orang. Penelitian menggunakan instrumen yang disusun berdasarkan teori Massar (2005) mengenai faktor-faktor EVP. Analisis hasil penelitian dilakukan menggunakan matriks importance-performance analysis (IPA). Rancangan strategi peningkatan karyawan difokuskan pada perbaikan faktor kuadran I yaitu tunjangan kesehatan, meritocracy, stabilitas organisasi, kesempatan berkembang, posisi pasar, dan kompensasi yang merupakan faktor EVP yang penting dan memiliki performa yang buruk. Rancangan strategi yang disusun terwujud dalam 4 program yaitu: memperbaiki sistem kompensasi, memperbaiki sistem manajemen kinerja, merumuskan kembali event gathering, dan menyesuaikan program pelatihan karyawan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Human resource management, Engagement |
Subjects: | H Human resource management > H Human resource management H Human resource management > HE Employee relations |
Divisions: | Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda |
Depositing User: | Slamet SPJ Pujiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2020 00:36 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 04:14 |
URI: | http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/238 |
Actions (login required)
View Item |