Rancangan Strategi Bisnis Health & Beauty Store PT Kimia Farma Apotek Periode 2023 – 2026

Ekajati, Aden and Firmansyah, Ressa (2024) Rancangan Strategi Bisnis Health & Beauty Store PT Kimia Farma Apotek Periode 2023 – 2026. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover_Tesis_Rancangan Strategi Bisnis Health & Beauty Store PT Kimia Farma Apotek periode 2023-2026.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak_Tesis_Rancangan Strategi Bisnis Health & Beauty Store PT Kimia Farma Apotek periode 2023-2026.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Daftar_isi_Tesis_Rancangan Strategi Bisnis Health & Beauty Store PT Kimia Farma Apotek periode 2023-2026.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB 1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4-7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Tesis_Rancangan Strategi Bisnis Health & Beauty Store PT Kimia Farma Apotek periode 2023-2026.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Lampiran_Tesis_Rancangan Strategi Bisnis Health & Beauty Store PT Kimia Farma Apotek periode 2023-2026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
Tesisi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT Kimia Farma Apotek, sebagai bagian dari BUMN, melakukan ekspansi pasar pada tahun 2019 melalui Health & Beauty Store yang sejalan dengan RJPP 2018-2022. Evaluasi kinerja menunjukkan kesenjangan antara pencapaian dan target yang disebabkan oleh pemilihan lokasi yang kurang tepat, harga sewa tinggi, variasi produk yang kurang sesuai dan kondisi tersebut tidak sejalan dengan penambahan pergeseran pelanggan dari kuratif menjadi preventif. Penelitian ini bertujuan memberikan masukan untuk merancang ulang strategi bisnis guna mencapai target meliputi jumlah toko 25, memberikan kontribusi penjualan 1,25%, dan market share 0,49% pada tahun 2026. Dengan menetapkan metode penelitian terapan kualitatif deskriptif menggunakan data primer dan sekunder. Analisis lingkungan internal menggunakan analisis VRIO dan fungsional, sedangkan analisis lingkungan eksternal mencakup PESTEL dan Porter’s Five Forces. Matrik IE dan matrik TOWS menempatkan Health & Beauty Store di wilayah 2 dan sel 5, menghasilkan strategi Hold & Maintain meliputi Penetrasi Pasar dan Pengembangan Produk sebagai alternatif. QSPM menetapkan Penetrasi Pasar sebagai strategi prioritas. Rekomendasi strategi Penetrasi Pasar melalui ekspansi ke area publik dan tempat wisata melalui Kerjasama Operasional (KSO) untuk mencapai 25 toko pada 2026. Peningkatan aktivitas promo dan omnichannel, pembentukan komunitas dan reward pelanggan, kampaye ramah lingkungan untu dapat meningkatkan kontribusi penjualan dan market share.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A Management > AF Strategic management
G Strategic > G Strategic
G Strategic > GC Organizational strategy
Divisions: Program Studi Magister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Agus LIM Salim
Date Deposited: 03 May 2024 02:36
Last Modified: 22 Oct 2024 07:18
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/3060

Actions (login required)

View Item View Item