STRATEGI PORTOFOLIO CFU ENTERPRISE PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK

Herdian, R. Rifa (2019) STRATEGI PORTOFOLIO CFU ENTERPRISE PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (306kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) adalah BUMN di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan portofolio bisnis TIMES (Telekomunikasi, Informasi, Media, Edutaintment dan Services). Sejak 2016 Telkom melakukan transformasi organisasi dari berbasis core dan adjacent business menjadi berbasis customer centric yang dikenal sebagai Customer Facing Unit/Functional Unit (CFU/FU), bertujuan untuk mengkonsolidasikan dan mengelompokkan bisnis holding (divisi) dan anak usaha sesuai dengan portofolio yang dibutuhkan untuk melayani customer-nya, salah satunya CFU Enterprise yang fokus pada pasar korporasi, terdiri dari sembilan Business Unit Subsidiries (BUS) / Special Business Unit (SBU). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peta portofolio bisnis sub-holding Telkom CFU Enterprise saat ini (2019) dan masa yang akan datang, memetakan faktor kunci sukses masing-masing industri dimana unit-unit stratejik beroperasi, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan serta kemampuan masing-masing SBU menanggapi isu stratejik eksternal, serta strategi portofolio bisnis kelompok bisnis Telkom CFU Enterprise 2020-2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada level pimpinan di sub-Holding CFU Enterprise dan pimpinan di sembilan SBU, serta studi dokumen yang bersifat publik maupun data internal perusahaan. Analisis pada penelitian ini menggunakan Matriks IE (Internal Factor Evaluation/IFE Matrix dan External Factor Evaluation/EFE Matrix), PESTEL Analysis dan Porter’s Five Forces, digunakan untuk pemindaian internal dan eksternal perusahaan. Matriks BCG digunakan untuk memetakan portofilo usaha sembilan SBU. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sembilan SBU tersebar pada empat kuadran Matriks BCG saat ini. Terdapat 1 SBU pada kuadran Dog, 3 SBU pada kuadran Question Mark, 2 SBU pada kuadran Star dan 3 SBU pada kuadran Cow. Matriks IE saat ini menunjukkan 3 SBU pada posisi IFE lemah/weak dan 6 SBU pada posisi IFE sedang/average. Kemudian 2 SBU pada posisi EFE lemah/weak, 5 SBU pada posisi EFE menengah/medium dan 2 SBU pada posisi tinggi/high. Strategi portofolio diterapkan untuk masing-masing SBU untuk masa mendatang (2020-2023) untuk mendorong seluruh SBU meminimalkan kelemahan dan meningkatkan kemampuan meresponse tantangan serta menunjukkan keunggulan kompetitifnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A Management > AF Strategic management
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 07 May 2020 01:54
Last Modified: 23 Sep 2020 13:45
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item