RANCANGAN STRATEGI PROMOSI PRODUK BETON UNTUK PASAR B2C PT. SEMEN INDONESIA BETON TAHUN 2020 – 2021

Khatami, Mohammad Sayed (2019) RANCANGAN STRATEGI PROMOSI PRODUK BETON UNTUK PASAR B2C PT. SEMEN INDONESIA BETON TAHUN 2020 – 2021. Skripsi thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PT. Semen Indonesia Beton merupakan perusahaan industri beton yang terbilang baru, namun kompetitif. Perusahaan berhasil menduduki posisi Dua besar dan mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan beton lama lainnya di Indonesia. Dalam proses bisnisnya, PT. Semen Indonesia Beton menggunakan konsep B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Customer). Namun, berdasarkan penelitian sebelumnya, perusahaan masih sangat lemah dari faktor promosi karena perusahaan sangat mengandalkan sales untuk menjual produknya ke pasar B2B saja. Hal tersebut berdampak terhadap penurunan volume produksi di Tahun 2019 dikarenakan program infrastruktur pemerintah sudah berkurang dan membuat sales harus mencari pasar pengganti lain agar volume produksi tidak terjadi penurunan. Upaya untuk memperluas pasar B2C, rancangan strategi promosi perlu dikembangkan, maka dari itu penelitian penting untuk diteliti agar perusahaan mampu menguasai pasar masyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peluang dan ancaman strategi dari luar perusahaan, dan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan strategi antara perusahaan dan pesaing. Kemudian menggabungkan Keempat analisis tersebut kedalam TOWS Matrix Analysis untuk mengetahui rancangan strategi promosi perusahaan yang sesuai untuk pasar B2C (Business to Customer) Tahun 2020 – 2021. Penulis dalam penelitian mengenai rancangan strategi promosi produk beton untuk pasar B2C PT. Semen Indonesia Beton Tahun 2020 – 2021 menggunakan jenis penelitian applied research, yaitu penelitian tarapan yang dilakukan untuk memecahkan masalah terhadap penelitian kerja praktek yang telah dilakukan oleh penulis sebelumnya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan melakukan pengandaian data yang dikumpulkan dalam bentuk kalimat. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan survey. Setelah melakukan penelitian ini, penulis menemukan Delapan peluang yang berhubungan dengan rancangan strategi promosi, diantaranya populasi target customer, pertumbuhan ekonomi, pembelian eceran meningkat, mulai adanya ketertarikan untuk menggunakan beton, kualitas, kemudahan mencari produk, word of mouth, dan tempat ritel atau gerai sebagai tempat yang sering dikunjungi ketika mencari produk. Kemudian penulis menemukan Empat ancaman luar diantaranya lemahnya product knowledge, iklan kurang diperharikan oleh konsumen beton, lemahnya customer awareness terhadap merk dan promosi perusahaan. Perusahaan memiliki Tiga kekuatan yang mempengaruhi strategi promosi diantaranya, kualitas, harga yang sesuai, aktif mengikuti event dan memiliki sales yang sangat baik. Namun perusahaan juga memiliki Tiga kelemahan diantaranya, lemah dari segi periklanan, kurang memanfaatkan sosial media dan tidak pernah melalukan promosi melalui public relation. Kemudian penulis menemukan Lima strategi promosi pilihan diantaranya, melakukan promosi dengan membuka stan dibeberapa gerai atau ritel untuk memperkenalkan produk beton sekaligus menarik minat, membuka stan dalam event PRJ (Pekan Raya Jakarta) dengan tujuan untuk memperkenalkan produk SIB dan menarik minat beli masyarakat, melakukan sosialisasi ke jasa pemborong bangunan besar dan kecil, memperkenalkan produk melalui sosial media, bekerjasama dengan influencer sebagai contoh konsumsi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Marketing strategy, Promotions, Marketing plan
Subjects: B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Sarjana > Manajemen Bisnis Profesional
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 19 May 2020 23:17
Last Modified: 11 Feb 2021 03:26
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item View Item