Putro, Ascaryo (2018) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDIVIDU DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN PEER TO PEER LENDING DAN EQUITY CROWDFUNDING PADA MASYARAKAT DKI JAKARTA. Skripsi thesis, PPM Manajemen.
Text
Cover.pdf Download (130kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (202kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (175kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (114kB) |
|
Text
Skripsi Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Salah satu penggunaan teknologi yang sedang marak ialah pada bidang keuangan, atau sering disebut juga dengan Financial Technology (Fintech). Selain memberikan advantage kepada pengguna seperti efisiensi, Fintech juga dirasa mampu berkontribusi dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Salah dua Fintech yang sedang marak ialah layanan Peer to Peer Lending, dan Equity Crowdfunding. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi individu dalam menggunakan layanan keuangan digital tersebut. Penelitian ini dilakukan di DKI Jakarta dengan mengumpulkan 349 responden yang terdiri dari berbagai macam karakteristik demografis, dengan menggunakan metode penarikan sampel Purposive Random Sampling. Adapun faktor atau variabel yang digunakan dalam penelitian merupakan adaptasi dari teori UTAUT (The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) . Pada akhir penelitian ini didapatkan hasil berupa Variabel Performance Expectancy dan Effort Expectancy memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention Layanan Peer to Peer Lending, sementara Variabel Social Influence, Trust, Reputation, dan Self Efficacy tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention Layanan Peer to Peer Lending. Lalu untuk Layanan Equity Crowdfunding didapatkan hasil berupa Variabel Performance Expectancy memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, sementara 5 variabel lainnya yakni Effort Expectancy, Social Influence, Trust, Reputation, dan Self Efficacy tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Finance, Funding |
Subjects: | D Finance > D Finance |
Divisions: | Program Studi Sarjana > Manajemen Bisnis |
Depositing User: | Slamet SPJ Pujiana |
Date Deposited: | 31 May 2020 10:17 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 01:20 |
URI: | http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/695 |
Actions (login required)
View Item |