RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN HOTEL GRAND CEMPAKA TAHUN 2012-2014

Fachrany, M. Faiq and Wibowo, Nuniek Aprianti (2013) RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN HOTEL GRAND CEMPAKA TAHUN 2012-2014. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (28kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Hotel merupakan salah satu jenis jasa akomodasi yang mendukung pertumbuhan pariwisata. Di Indonesia hotel mulai dikenal sejak tahun 1933, yang dahulu banyak digunakan oleh kalangan Hindia Belanda. Hotel menjadi salah satu bentuk fasilitas pendukung yang memberikan layanan jasa inap bagi wisatawan yang sedang bepergian dan kemudian industri hotel terus berkembang pesat hingga saat ini. pasar industri perhotelan dibagi menjadi dua, yaitu komersial dan leisure, keduanya biasa disebut commercial hotel dan leisure hotel. Salah satu hotel yang berada di Jakarta Pusat adalah Hotel Grand Cempaka, yang merupakan salah satu unit usaha dari PT. Jakarta Tourisindo (BUMD). Sekalipun sudah berbentuk perseroan terbatas yang mandiri, akan tetapi beberapa pengelolaan hotel tersebut memiliki birokrasi dengan Pemda DKI Jakarta. Dengan berbagai keterbatasan dan sumber daya yang ada, Hotel Grand Cempaka berusaha untuk bersaig di tengah maraknya bisnis serupa di Indonesia. Hotel Grand Cempaka memiliki visi untuk menjadi pengelola dan pengembang bisnis sarana wisata yang terkemuka di kelasnya. Jakarta memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan bisnis perhotelan. Jumlah hotel yang yang semakin meningkat dari tahun ke tahun menandakan bahwa bisnis perhotelan semakin menarik. Banyaknya pemain baru di industri perhotelan ini menggambarkan tingkat persaingan yang semakin besar. Di tengah-tengah persaingan ini Hotel Grand Cempaka berusaha meningkatkan tingkat huniannya karena dibandingkan dengan pesaingnya, tingkat hunian hotel Grand Cempaka masih berada di urutan ketiga setelah Hotel Lumire dan Hotel Oasis Amir. Market share-nya pun kian menurun. Oleh karena itu dibutuhkan strategi pemasaran Hotel Grand Cempaka untuk meningkatkan tingkat hunian tahun 2012-2014. Dari hasil analisa SWOT didapat rencana strategi untuk hotel Grand Cempaka yaitu market penetration dan product development. Berdasarkan hasil analisis Qualitative Strategic Planning Matrix (QSPM) menghasilkan strategi terpilih, yaitu strategi market penetration. Strategi tersebut membutuhkan implementasi yang tepat yang dapat dibuat berdasarkan marketing mix dan kekuatan atau kelemahan perusahaan dalam menghadapi peluang dan ancaman yang terjadi. Adapun positioning hotel Grand Cempaka sebaiknya digunakan adalah hotel MICE (meeting, incentive, conference, exhibitions). Dibandingkan dengan hotel leisure dan bauran pemasaran jasa yang digunakan adalah dengan mengimplementasikan 8P yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, process, serta productivity and quality.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing strategy, Marketing plan
Subjects: B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 03 Apr 2020 02:36
Last Modified: 05 Oct 2020 03:21
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item View Item