STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PLATINUM HOTEL & CONVENTION HALL BALIKPAPAN TAHUN 2021 - 2023

Oliviansyah, Brigita Beverly (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PLATINUM HOTEL & CONVENTION HALL BALIKPAPAN TAHUN 2021 - 2023. Skripsi thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
BAB 1 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada bulan Maret tahun 2020 negara Indonesia dilanda pandemi COVID-19 yang memberi dampak kerugian bagi seluruh industri khususnya perhotelan. Dampak dari pandemi COVID-19 yaitu penurunan occupancy atau peresentase jumlah kamar. Peneliti menetapkan subyek penelitian Platinum Hotel & Convention Hall Balikpapan, yaitu hotel bintang 4 (****) yang bertempat di Balikpapan Utara, Kalimantan Timur. Tujuan penelitian mengidentifikasi strategi komunikasi pemasaran terpadu hotel tahun 2019 - 2020, dan merekomendasikan strategi efektif komunikasi pemasaran terpadu untuk tahun 2021 - 2023. Metodologi analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Selanjutnya untuk mengolah data penelaah menetapkan kerangka analisis dengan mengidentifikasi faktor internal hotel menggunakan data penjulan occupancy tahun 2020, dan analisis komunikasi pemasaran terpadu tahun 2019 - 2020 untuk menghasilkan kelemahan dan kekuatan dari hotel. Selanjutnya menganalisis faktor eksternal hotel menggunakan PESTEL, Porter’s 5 Forces, data kompetitor (data penjualan dan komunikasi pemasaran terpadu tahun 2019-2020), dan data konsumen yaitu hasil kuesioner online untuk menghasilkan potensi ancaman dan potensi peluang. Sehingga kedua analisis dapat digunakan dalam alat analisis TOWS, untuk menghasilkan berbagai strategi alternatif komunikasi pemasaran terpadu yang efektif tahun 2021 - 2023. Hasil analisis menunjukkan beberapa strategi yang kurang efektif dan beberapa strategi telah ditetapkan penulis efektif. Penelaah menetapkan beberapa saran untuk implementasi strategi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BC Marketing management
Divisions: Program Studi Sarjana > Manajemen Bisnis
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:18
Last Modified: 01 Feb 2023 02:18
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2386

Actions (login required)

View Item View Item