STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK BARU SUSTAINABLE RIGID PLASTIC PACKAGING DI PT DYNAPLAST TAHUN 2022-2025

Hendrasetyawan, Bernhard Eko (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK BARU SUSTAINABLE RIGID PLASTIC PACKAGING DI PT DYNAPLAST TAHUN 2022-2025. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text (Cover)
1. Cover.pdf

Download (49kB)
[img] Text (Pengesahan)
2. Pengesahan.pdf

Download (83kB)
[img] Text (Bebas royalti)
3. Bebas Royalti.pdf

Download (20kB)
[img] Text (Abstrak)
4. Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text (Daftar isi)
5. Daftar Isi.pdf

Download (99kB)
[img] Text (Bab 1-3)
6. BAB 1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text (Bab 4-7)
7. BAB 4-7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (85kB)
[img] Text (Lampiran)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text (Fulltext)
10. Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT Dynaplast adalah perusahaan manufaktur rigid plastik dan kemasan dengan kedudukan pasar yang kokoh di Indonesia. Perusahaan ini memiliki business model yang berkelanjutan (sustainable) dengan memiliki hubungan jangka panjang dengan pelanggan, beragam pasar dan gabungan produk, serta ditopang oleh tim manajemen yang kuat. Dalam aktivitasnya, PT Dynaplast juga melakukan inovasi dalam pengembangan produk baru. Saat ini, beberapa customers memiliki permintaan untuk merubah kemasan yang digunakan menjadi lebih ramah lingkungan. Selain itu, ada juga beberapa peluang dan ancaman yang muncul dari eksternal seperti politik, legal, ekonomi, sosial, teknologi, dan lingkungan serta tekanan-tekanan yang muncul dari pelanggan, pemasok, kompetitor, produk substitusi, dan pesaing baru. Untuk menentukan pengembangan produk ramah lingkungan yang dapat dikembangkan oleh PT Dynaplast, dilakukan analisis strategi bisnis, analisis lingkungan eksternal makro, analisis industri, analisis voice of customer, analisis fungsional, integrasi kano model dan quality functional deployment, dan analisis biaya manfaat. Kemudian berdasarkan hasil analisis itu diformulasikan menjadi strategi pengembangan produk baru sustainable rigid plastic packaging di PT Dynaplast tahun 2022-2025. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dalam tulisan ini PT Dynaplast bisa mengajukan pengembangan produk Jerrycan 20L untuk refillable packaging dengan Material Post-Consumer Resin (PCR), menggunakan Extrusion Blow Molding dan Injection Molding Process, berkolaborasi dengan pelanggan untuk mengembangkan product cycle untuk refillable packaging untuk ditawarkan kepada customers. Strategi pengembangan produk baru yang efektif untuk kemasan plastik jangka panjang (effective New Product Development Strategy for sustainable plastic packaging) PT Dynaplast di tahun 2022-2025 adalah pembuatan refillable packaging dengan material PCR dan menggunakan mesin yang sudah ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Strategic > G Strategic
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Unnamed user with email pustaka_sistem@ppm-manajemen.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:47
Last Modified: 23 Aug 2023 07:47
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2819

Actions (login required)

View Item View Item